Juni, Tenggat Waktu Total Tentukan Sikap di Blok Mahakam

Anggita Rezki Amelia
23 April 2016, 11:00
Total
Arief Kamaludin | Katadata

Total E&P Indonesie sampai saat ini belum menentukan sikapnya di Blok Mahakam pasca berakhirnya masa kontrak pengelolaannya tahun 2017. Selaku operator baru blok minyak dan gas bumi di Kalimantan Timur itu, PT Pertamina (Persero) masih memberikan waktu kepada Total untuk menentukan sikapnya paling lambat Juni mendatang. Jika tidak ada keputusan maka Pertamina siap mengelola sendiri Blok Mahakam mulai 2018.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, sampai saat ini proses diskusi mengenai participating interest atau hak pengelolaan Blok Mahakam masih terus dibahas bersama dengan Total. “Diharapkan selesai sebelum akhir Juni 2016,” kata dia saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, beberapa hari lalu. (Baca: Nilai Aset Blok Mahakam Tidak Sampai Rp 69 Triliun)

Untuk persiapan pengambilalihan pengelolaan Blok Mahakam setelah 2017, Pertamina juga sudah membentuk tim transisi. Tim yang bernama Tim Pengambilalihan Pengelolaan Mahakam (TPPM) ini nantinya akan memiliki beberapa tugas, mulai dari  melengkapi data operasional Pertamina ketika mengelola Blok Mahakam, hingga menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).

TPPM ini nantinya tidak hanya menyusun RKAP 2017 sampai 2018, tapi juga menentukan rencana kerja tiga tahunan Pertamina setelah pengambilalihan blok tersebut. Walaupun baru mengelola Blok Mahakam pada 2018, Dwi mengatakan, Pertamina akan membiayai investasi di blok itu mulai tahun depan. Tujuannya menjaga produksi Blok Mahakam tidak turun ketika dikelola oleh Pertamina.

Manajemen Pertamina sebelumnya memperkirakan total investasi untuk tiga tahun pertama mengelola Blok Mahakam sebesar US$ 75,3 juta. Rinciannya, pada tahun pertama kontrak US$ 1,3 juta, tahun kedua US$ 33,5 juta, dan tahun ketiga US$ 40,5 juta. Padahal, sebelumnya Pertamina pernah menyebut kebutuhan investasi Blok Mahakam sebesar US$ 2,5 miliar per tahun. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...