Pemerintah Akan Lelang Blok Emas Putih di Natuna

Arnold Sirait
18 Juli 2016, 15:36
Rig Minyak
Katadata

Pemerintah berencana melelang beberapa blok minyak dan gas bumi (migas) yang ada di kawasan Natuna. Lelang ini dilakukan untuk mempercepat pengembangan kawasan tersebut.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan salah satu blok migas yang akan dilelang yakni Blok Emas Putih. “Akan dilelang di semester II. Lagi disiapkan sekarang,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (18/7). (Baca: Kementerian ESDM Percepat Kembangkan 10 Blok Migas di Natuna)

Menurut data Kementerian ESDM, saat ini ada 17 blok migas yang berada di kawasan East Natuna. Selain 10 blok migas yang statusnya eksplorasi, ada juga tujuh blok lainnya yang sudah masuk dalam tahap eksploitasi.

Tujuh blok tersebut adalah Cakalang yang dioperatori Lundin Cakalang B.V, Kakap yang dioperatori Star Energi (Kakap Ltd), dan Natuna Sea Block “A” dengan operator Premier Oil Natuna Sea B.V. Kemudian Northwest Natuna oleh Santos Netherlands B.V, Sembilang oleh PT Mandiri Panca Usaha. Ada juga South Natuna Sea Block B oleh ConocoPhillips Inc, dan Udang Block oleh Pertamina EP.

Total produksi dari blok tersebut yakni untuk gas 489,21 juta kaki kubik (mmscfd), sementara minyak dan kondensat 25.447 barel per hari. Adapun total cadangan gasnya 4 triliun kaki kubik (tcf), untuk minyak dan kondensat mencapai 201.401 juta tangki barel (mmstb). (Baca: Menteri ESDM Tak Beri Insentif Khusus Blok Migas di Natuna)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...