Reshuffle Besok, Jokowi Rombak Setidaknya Delapan Pos di Kabinet

Yura Syahrul
26 Juli 2016, 22:31
Kabinet Kerja
Arief Kamaludin | Katadata

Jika tak ada perubahan yang luar bisa, Presiden Joko Widodo kemungkinan besar akan mengumumkan perombakan (reshuffle) Kabinet Kerja jilid II pada Rabu (27/7) besok. Perombakan itu setidaknya menyasar delapan pos menteri di kabinet: ada yang terpental dari kabinet dan ada yang cuma digeser ke pos menteri lain.

“Semakin kuat kemungkinan Presiden mengumumkan reshuffle besok (Rabu),” kata sumber Katadata di pemerintahan, Selasa malam (26/7).

Advertisement

Tanda-tanda perombakan kabinet akan diumumkan dalam 24 jam ke depan mulai terlihat setelah Wakil Presiden Jusuf Kalla mendatangi Istana Negara, Jakarta, Selasa sore. Kalla langsung menemui Jokowi setelah tiba dari luar kota.

Pada malam harinya, sejumlah menteri terlihat mendatangi Istana. Ada Menteri PAN-RB Yuddy Crisnandi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Sofyan Djalil, dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong.

(Baca: Menteri Dilarang Bepergian, Reshuffle Kemungkinan Pekan Ini)

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaitan juga mendatangi Istana. Ada pula Menteri Perindustrian Saleh Husin, yang bergegas meninggalkan acara halal bi halal dengan Gaikindo untuk menuju Istana Negara. “Masing-masing menteri umumnya dipanggil Presiden selama 10 menit,” kata sumber Katadata.

Menurut sumber lain Katadata, tidak semua menteri yang dipanggil ke Istana tersebut pada malam ini bakal didepak dari kabinet.

Sebagian menteri itu ada yang digeser ke pos menteri lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata hingga pukul 22.00 WIB, Selasa malam ini, setidaknya ada empat menteri yang didepak dari kabinet. Yaitu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri PAN-RB Yuddy Crisnandi, Menteri ESDM Sudirman Said, dan Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Sementara itu, ada empat menteri yang digeser untuk menempati pos lainnya. Yaitu Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menko Polhukam Luhut Panjaitan dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement