Pemerintah: Total Setuju Pertamina Investasi di Mahakam 2017

Anggita Rezki Amelia
6 Agustus 2016, 08:00
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

Pemerintah menyatakan Total E&P Indonesia sepakat bila Pertamina berinvestasi di Blok Mahakam pada 2017. Saat ini surat keputusan mengenai Blok Mahakam sedang dirampungkan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Wakil Kepala SKK Migas M.I Zikrullah mengatakan surat keputusan (SK) tersebut akan  memayungi Pedoman Tata Kerja (PTK) untuk transisi alih kelola Blok Mahakam. “PTK itu hanya prosedur operasional. Disahkannya dengan SK. Jadi yang legal formalnya itu SK ini,” kata Zikrullah di Kementerian Energi, Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2016.

Advertisement

SK ini akan memudahkan Pertamina untuk melakukan aktivitas di Blok Mahakam sebelum kontrak berakhir. Sebelum itu, menurut kontrak bagi hasil, blok ini masih menjadi hak Total E&P Indonesia. (Baca: SKK Migas Siapkan Acuan Investasi Pertamina di Blok Mahakam 2017).

Tapi mengenai kegiatan dan program untuk 2017 masih menunggu rencana kerja dan anggaran dari Total E&P Indonesie yang akan dibahas Oktober nanti. Yang jelas, pesan dari pemerintah adalah mempertahankan laju produksi agar tidak turun. “Untuk pertahankan laju produksi, program kerja harus berjalan. Agar program kerja jalan, Pertamina harus mulai aktif di masa peralihan,” ujar dia.

Direktur Jenderal Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan payung hukum investasi Blok Mahakam di 2017 cukup menggunakan SK dari SKK Migas. Karena dalam Peraturan Menteri Energi Nomor 15 Tahun 2015 sudah mengatur masa transisi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement