Pertamina Proses Pengadaan Barang Kilang Balikpapan Oktober

Arnold Sirait
7 September 2016, 07:00
Kilang Balikpapan
Arief Kamaludin | Katadata

PT Pertamina (Persero) menyatakan akan segera melakukan proses pengadaan untuk Kilang Balikpapan bulan depan. Nilai pengadaan barang ini diperkirakan mencapai US$ 1 miliar. 

Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan pihaknya sedang menyelesaikan daftar barang berkategori Long Lead Item (LLI). Kategori ini merupakan barang dengan proses pembuatan dan pengiriman yang lama. Daftar barang inilah yang akan segera ditenderkan.

“Pengadaan oleh Pertamina ini merupakan tahapan untuk percepatan proyek,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Selasa, (6/9). (Baca: Arab Saudi Janjikan Mega Investasi di Indonesia).

Proses pengadaan tersebut akan dimulai pada Oktober 2016 dan akan tuntas pada kuartal pertama 2017. Pengadaan ini dalam proses yang terpisah dengan paket EPC (rekayasa pengadaan dan konstruksi) yang akan dikerjakan oleh kontraktor EPC.

Terkait dengan target penyelesaian proyek kilang, Rachmad mengatakan proses konstruksi akan dimulai pada awal 2017. Adapun, penyelesaian secara mekanik Refinery Development Masterplan Program (RDMP) RU V Balikpapan ditargetkan pada Juli 2019.

Jika proyek ini berjalan sesuai target, maka kilang ini akan mulai beroperasi September 2019. “Untuk itu, kami akan melakukan keputusan akhir investasi RDMP RU V Balikpapan pada awal Juli 2017 yang segera diikuti dengan konstruksi fisik,” kata dia.

Dalam proyek RDMP Kilang Balikpapan, Pertamina akan merevitalisasi dan meningkatkan kapasitas enam unit kilang pengolahan minyak. Awalnya proyek ini akan digarap dengan JX Nippon Oil & Energi Corporation. Namun, perusahaan asal Jepang ini batal berinvestasi kilang minyak di Indonesia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...