Pabrik Bahan Ban Kualitas Moto-GP Akan Dibangun di Cilacap

Anggita Rezki Amelia
29 September 2016, 19:42
Wianda Pertamina
Arief Kamaludin | Katadata

PT Pertamina mulai melirik bisnis lain di luar minyak dan gas bumi (migas). Bersama Repsol S.A, perusahaan pelat merah itu akan membangun pabrik Treated Distillate Aromatic Extract (TDAE) atau bahan baku untuk produk karet di Cilacap.

Vice President Corporate Communication Wianda Pusponegoro mengatakan bahan baku tersebut bisa untuk memproduksi ban. “Ban ini khusus untuk racing internasional seperti MotoGP. Ini jenis produk yang hybrid, bukan produk sembarangan ban secara massal,” kata dia di Jakarta, Kamis, 29 September 2016. (Baca: Produsen Ban Cina Siap Hijrah ke Indonesia).

Menurutnya, ide pembangunan pabrik tersebut berasal dari Repsol. Perusahaan asal Spanyol yang bergerak di sektor pelumas dan karet ini mengajak Pertamina karena melihat peluang bisnis yang ada. Apalagi Repsol sudah memiliki pangsa pasar di Asia Tenggara.

Rencana pembangunan pabrik ini sebenarnya sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Bahkan telah melalui proses studi kelayaan baik ekonomi maupun teknis sekitar dua tahun.

Pabrik akan dibangun di area RU IV Cilacap untuk mengolah minarex. Alasan memilih Cilacap, kata Wianda, karena dianggap sebagai lokasi yang tepat. Apalagi Kilang Cilacap sudah memproduksi minarex sekitar 115.000 ton. (Baca: Tingkatkan Produksi Migas, Pertamina Bidik 30 Blok).

Nantinya, Pertamina dan Repsol membikin perusahaan patungan atau joint venture. Pertamina akan memilik saham mayoritas. Capital expenditure atau belanja modal yang  dibutuhkan untuk pabrik ini mencapai US$ 80 juta.

Wianda menargetkan awal 2017 perusahaan patungan tersebut sudah terbentuk. Bila hal ini terlaksana, pabrik bisa beroperasi secara komersial sekitar 2019. (Baca: Pertamina Bisa Survive dengan Lima Prioritas Strategi).

Rencananya, pabrik ini memilik kapasitas produksi sekitar 60 ribu ton per tahun dengan kualitas tinggi. “Jadi produknya untuk kedua belah pihak,” kata dia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...