Luhut Belum Setujui Dua Permintaan Inpex di Blok Masela

Miftah Ardhian
3 Desember 2016, 10:00
Rig Minyak
Katadata

Pemerintah belum menyetujui dua permintaan insentif Inpex Corporation untuk pengembangan Blok Masela. Kedua permintaan insentif itu adalah moratorium masa kontrak dan penambahan kapasitas produksi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Inpex memang telah meminta beberapa insentif. Permintaan ini juga sudah dibahas bersama dengan Direktur Eksektutif Inpex Kawano. Namun, tidak semua permintaan tersebut akan dikabulkan pemerintah.

“Masih ada dua item yang lagi dinegosiasikan," kata Luhut usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (2/12). (Baca: Kementerian Energi Akan Restui Kenaikan Produksi Blok Masela)

Pemerintah masih mengkaji permintaan Inpex terkait moratorium masa kontrak. Inpex meminta ada moratorium kontrak selama 10 tahun. Artinya, kontrak yang seharusnya berakhir 2028 mundur menjadi tahun 2038.

Moratorium ini sebagai kompensasi dari perubahan skema pengembangan Blok Masela, yang semula membangun kilang di laut (offshore) menjadi kilang di darat (onshore). Karena itu, perlu kajian lebih lanjut sehingga dapat menyebabkan jadwal beroperasinya proyek mundur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...