Disuntik Negara Rp 2 Triliun, SMI Danai Proyek Tol dan Listrik

Ameidyo Daud Nasution
7 Desember 2016, 18:21
Infrastruktur
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) mendapatkan tambahan modal melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 2 triliun pada tahun depan. Dengan tambahan modal Sarana Multi Infrastruktur (SMI) akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur, yakni jalan tol dan pembangkit listrik.

Menurut Direktur Utama SMI Emma Sri Martini mengatakan dua sektor prioritas ini merupakan bagian dari program Nawa Cita yang digalakkan pemerintah. Beberapa ruas jalan tol yang siap dibiayai menurutnya antara lain adalah ruas jalan tol Trans Sumatera serta Trans Jawa. Namun, dia tidak menyebutkan apa saja proyek pembangkit yang akan dibiayai. 

"Tetap dua itu prioritas kami. (Pembahasannya) masih internal memang, tapi kami mengacu Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016," kata Emma usai rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu (7/12).

(Baca: Enam Sasaran Pembangunan Infrastruktur dalam APBN 2017)

Selain dua sektor infrastruktur ini, SMI juga masih membuka kemungkinan untuk membiayai proyek infrastruktur di wilayah Indonesia timur, seperti arahan pemerintah. Dalam Perpres 3 Tahun 2016, proyek-proyek infrastruktur masih berfokus di wilayah Jawa dan Sumatera. SMI akan masuk ke pembiayaan infrastruktur di wilayah timur melalui pembiayaan daerah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...