Jelang Tahun Baru, Harga Cabai Rawit Terus Naik

Image title
31 Desember 2016, 09:00
Cabai sembako
Arief Kamaludin | Katadata

Berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan, menjelang tahun baru 2017 harga barang kebutuhan pokok di sejumlah daerah mulai bergerak turun. Hanya cabai rawit merah saja yang harganya terus bergerak naik.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengakui harga cabai rawit merah naik dari Rp 44.500 per kilogram bulan lalu ke Rp 60.000-80.000 per kilogram jelang penutupan tahun ini. Bahkan, di Banten harganya ada yang mencapai Rp 84 ribu per kilogram.

Enggar mengungkapkan, kenaikan ini adalah akibat dari kurangnya pasokan ke pasar. “Saat ini fluktuasi harga masih dalam batas jangkauan yang normal,” katanya, Jumat (30/12).

(Baca juga: Pemerintah Jamin Stok Beras Aman sampai Maret 2017)

Sementara, di sejumlah daerah di pulau Jawa dan Sumatera harga beras, gula, dan daging sapi terpantau stabil. Begitu pula jumlah pasokannya dinilai cukup aman. “Ketersediaan pasokan di distributor cukup dan aman serta kondisi distribusi di pelabuhan berjalan lancar,” kata Enggar.

Keterangan itu berdasar pemantauan yang dilakukan oleh para pejabat Kementerian Perdagangan di pasar-pasar tradisional di berbagai kota. Di antaranya di Semarang (Pasar Bulu, Johar, Peterongan, Gayamsari, Karangayu), Surabaya (Pasar Keputran Utara, Tambak Rejo, Wonokromo, Pucang Anom, Genteng), Serang (Pasar Rau dan Lama), Denpasar (Pasar Badung, Kreneng, Nyanggelan), dan Padang (Pasar Raya, Lubuk Buaya).

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...