Empat Bulan Menjabat, Jonan 3 Kali Geser Pejabat ESDM

Arnold Sirait
9 Januari 2017, 19:04
Ignasius Jonan
Arief Kamaludin|KATADATA

Ignasius Jonan akan kembali merombak pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Artinya, selama empat bulan menjabat sebagai Menteri ESDM, dia sudah tiga kali membongkar pasang para pejabat kementeriannya. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, pelantikan pejabat baru itu akan berlangsung pukul 13.00 WIB, hari Selasa (10/1), di Kementerian ESDM . Ada tiga agenda dalam pelantikan dan serah terima jabatan tersebut. (Baca: Sepekan Menjabat, Jonan Rombak Eselon II Kementerian Energi)

Agenda pertama adalah penyerahan surat keputusan pengalihan pegawai negeri sipil daerah ke Kementerian ESDM. Kemudian pelantikan pejabat pimpinan tinggi madya, administrator dan pengawas. Terakhir, pelepasan pejabat pimpinan tinggi madya.

Salah satu posisi yang mengalami perombakan adalah Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM. Teguh Pamudji yang saat ini menjabat posisi tersebut akan pensiun pada Selasa besok. “Benar. Penggantinya perempuan,” kata dia saat dikonfirmasi Katadata, Senin (9/1).

Namun, Teguh masih enggan menyebut nama penggantinya. Ia juga merahasiakan posisi apa saja yang mengalami perombakan. Yang jelas, sampai saat ini belum akan ada lelang atau pergantian untuk posisi Direktur Jenderal. (Baca: Evaluasi Kinerja SKK Migas, Jonan Belum Copot Amien)

Sebelum ini, Jonan sudah dua kali merombak pejabat Kementerian ESDM. Pertama, ketika baru sepekan menjabat Menteri ESDM pada Oktober tahun lalu. Saat itu ada tiga posisi yang mengalami perubahan, yakni Kepala Biro Perencanaan, Kepala Biro Organisasi Tata Laksana dan Kepala Pusat Kerja sama Informasi Kementerian ESDM (KLIK).

Perombakan kedua dilakukan pada Desember lalu. Perombakan meliputi 26 pejabat yang terdiri dari Eselon II, III, hingga IV.  Perinciannya, lima pegawai Eselon II, 13 orang Eselon III, dan 8 orang Eselon IV.  (Baca: Jonan Rombak 26 Pejabat Kementerian Energi)

Saat itu, Jonan meminta agar pejabat Kementerian Energi bekerja melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) dengan baik. Jika memang merasa posisi saat ini kurang tepat, ia tidak segan untuk menggantinya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...