Luhut Utamakan Dirut Baru Pertamina yang Punya Kompetensi

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2017, 20:14
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut B. Panjaitan
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian BUMN memiliki waktu 30 hari untuk memilih dan mengangkat Direktur Utama PT Pertamina (Persero) definitif. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan punya pandangan tehadap calon nakhoda baru perusahaan minyak dan gas bumi milik negara tersebut.

Ia tidak mempersoalkan latar belakang calon pemimpin baru Pertamina, baik yang berasal dari internal maupun dari luar perusahaan. Begitu pula dengan pengalaman para calon di bidang migas. Namun, Luhut mengutamakan syarat kompetensi dalam pemilihan Direktur Utama Pertamina.  

Dengan begitu, pemimpin baru tersebut dapat membuat Pertamina lebih efisien dan produktif di tengah persaingan global. "Yang paling utama kompetensinya yang ada," kata Luhut di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/2). Namun, dia mengaku belum mengantongi nama calon Direktur Utama Pertamina.

(Baca: Di Balik Pencopotan dan Alotnya Pemilihan Bos Baru Pertamina)

Di tempat terpisah, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar enggan berkomentar mengenai suksesi di tubuh Pertamina saat ini. "Itu sudah dijelaskan sama Pak Komut (Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng)," katanya.

Ia juga menyerahkan sepenuhnya keputusan pergantian direksi Pertamina kepada Menteri BUMN Rini Soemarno. "Kementerian ESDM kan pembina, semuanya oleh Menteri BUMN. Gitu kan, yang berhak mengganti Kementerian BUMN," kata Arcandra.

Seperti diketahui, Menteri BUMN mencopot Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Wakil Direktur Utama Ahmad Bambang pada Jumat pekan lalu. Selanjutnya, Rini menunjuk Direktur Gas dan Energi Baru Terbarukan (EBT) Pertamina Yenni Andayani sebagai Pelaksana tugas (Plt) Dirut Pertamina. Sedangkan posisi wakil dirut dikosongkan.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...