Sri Mulyani dan Ekonom Prediksi 5 Sektor Prospektif Tahun Ini

Desy Setyowati
8 Februari 2017, 10:29
Sri Mulyani wefie
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Menteri Keuangan Sri Mulyani berfoto wefie bersama mahasiswa saat memberikan kuliah umum di Universitas Udayana, Bali, Jumat (20/1/2017).

Perekonomian Indonesia tahun ini masih menghadapi tantangan gejolak ekonomi global. Meski begitu, setidaknya ada lima sektor usaha yang kondisinya akan membaik berdasarkan prediksi Menteri Keuangan Sri Mulyani dan para ekonom. Lima sektor itu meliputi konstruksi, manufaktur, perdagangan besar, pertambangan, dan pariwisata.

Sri Mulyani mengatakan, sektor manufaktur akan memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Karena itu, pemerintah akan mendorong agar sektor ini bisa berkembang dan tumbuh lebih baik lagi.

Selain manufaktur, pemerintah mendorong sektor pariwisata. Salah satu upayanya adalah membangun infrastruktur yang akan menopang pengembangan suatu kawasan wisata.

(Baca: Sri Mulyani Akui Rendahnya Investasi Jadi PR Pemerintah di 2017)

“Kalau perlu diberi pemihakan, misalnya pariwisata. Apakah dari sisi transportasi, restoran, services sector maka dia (sektor pariwisata) yang diberi dorongan dalam bentuk pembangunan untuk askes sektor tourism,” kata Sri Mulyani dalam acara diskusi bertajuk “Investasi Membangun Negeri Melalui Pembiayaan Ekspor” di Jakarta, Selasa (7/2).

Sri Mulyani pun menggaribawahi, pemerintah akan berpihak pada sektor yang dapat berkontribusi besar terhadap perekonomian dan mengurangi kemiskinan. Keberpihakan yang dimaksud bisa dalam bentuk insentif fiskal, deregulasi, maupun perbaikan iklim investasi. Selain itu, pemerintah akan mendorong terbangunnya infrastruktur di berbagai daerah.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...