RUPS Pertamina Besok, Dirut Baru Diminta Konsolidasi Internal

Miftah Ardhian
15 Maret 2017, 12:22
No image

Setelah kosong selama 1,5 bulan, posisi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) akan kembali terisi. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina, Kamis (16/3) besok, untuk mengangkat direktur utama yang baru. Posisi tersebut hampir dipastikan akan ditempati oleh Dirut PTPN III Holding, Elia Massa Manik.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah mengakui, rencana penyelenggaraan RUPS Tahunan Pertamina pada Kamis besok. Selain membahas kinerja dan laporan keuangan terkini perusahaan, Edwin tidak membantah salah satu agenda RUPS tersebut adalah pengangkatan dirut yang baru.

Ia pun memastikan, RUPS Pertamina itu tidak akan mengangkat pejabat untuk mengisi posisi wakil direktur utama. "Tidak ada (posisi Wadirut)," katanya saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (15/3). (Baca: Lewat Kompromi, Elia Massa Manik Segera Jadi Dirut Pertamina)

Namun, Edwin enggan menyebutkan pimpinan baru Pertamina yang telah disetujui kementerian BUMN dan Presiden Joko Widodo. Ketika ditanya potensi Elia Massa Manik untuk menjabat Dirut Pertamina, Edwin tidak membantahnya. Tapi, dia meminta untuk menanyakan langsung hal tersebut kepada Menteri BUMN Rini Soemarno.

Ditemui di kesempatan yang sama, Rini Soemarno enggan membahas hal tersebut. "No comment," jawabnya singkat. (Baca: Ada 7 Nama, Jokowi Pelajari Calon Dirut Pertamina dari Eksternal)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...