Jokowi Belum Bisa Teken Aturan Soal Proyek Kereta Cepat

Ameidyo Daud Nasution
4 April 2017, 11:16
No image
Suasana ekspo Jaringan Kereta Cepat Negara Tiongkok di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Pameran menampilkan beragam jenis kereta cepat dan pembangunan stasiun kereta yang telah dipergunakan di negara Tiongkok yang rencananya juga akan di pergunak

Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung masih terhambat revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) nasional yang menjadi basis pengerjaan proyek ini. Hingga saat ini draf revisi aturan belum juga sampai ke meja Presiden Joko Widodo untuk ditandatangani.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan sebenarnya draf aturan tersebut sudah sampai ke kementeriannya untuk diserahkan kepada Presiden. Namun, pada Jumat pekan lalu, salah satu kementerian teknis meminta kembali draf tersebut. Sehingga aturan ini belum bisa ditandatangani.

"Ada alasan teknis, itu (draf) dikembalikan lagi ke kementerian teknis," kata Pratikno saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/4). 

Pratikno masih enggan menjelaskan apa masalah teknis yang membuat penyelesaian aturan ini tertunda. Dia juga belum bisa memastikan kapan kementerian teknis ini akan menyelesaikan draf tersebut dan menyerahkannya kembali kepada Kementerian Sekretaris Negara.

(Baca juga:  Wika Targetkan Utang Cina untuk Kereta Cair Akhir Februari)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...