Menperin Berharap Kunjungan Wapres AS Berbuah Investasi

Image title
21 April 2017, 14:57
Menteri Perindustriann Airlangga Hartarto
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berharap kunjungan kenegaraan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Michael Richard Pence ke Indonesia bisa bebuah investasi. Selain itu ia berharap hubungan bilateral khususnya di sektor perekonomian dapat terus diperkuat, termasuk perdagangan kedua negara.

"Selama ini neraca dagang kita dengan AS positif. Kami mendorong mereka agar tertarik berinvestasi di sektor industri pembangkit listrik, kemudian industri digital, dan industri consumer product," katanya usai menjadi pembicara dalam The Economist Event, Kamis (20/4). 

Airlangga mengatakan sektor-sektor yang cukup berkembang di Indonesia, seperti industri digital dan consumer product seharusnya dapat lebih ditingkatkan. Caranya adalah dengan menjalin kerja sama yang lebih baik dengan AS, mengingat negara ini dinilai sangat unggul dalam sektor tersebut. Selain itu, Indonesia masih membutuhkan transfer teknologi dari negeri Paman Sam. Dia juga ingin mendorong perdagangan yang saling melengkapi dengan AS.

(Baca: Temui Jokowi, Wapres Amerika Minta Tak Ada Hambatan Ekspor)

Menurutnya Pemerintah Indonesia telah menunjukkan kesungguhannya dalam menarik investasi. Beberapa kawasan industri di Indonesia telah siap diisi oleh investor dan didukung dengan fasilitas penunjang seperti pelabuhan dan infrastruktur lainnya. Misalnya, Kawasan Industri Sei Mangkei, Sumatera Utara yang difokuskan pada pengembangan oleokimia.

Selain itu, Kawasan Industri Dumai, Riau dan Kawasan Industri Berau, Kalimantan Timur yang akan dibangun menjadi Palm Oil Green Economic Zone (POGEZ), serta Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah dan Kawasan Industri Konawe, Sulawesi Tenggara yang menjadi pusat pengembangan industri smelter berbasis nikel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...