Pemerintah Incar Pendapatan dari Kapal yang Berlabuh di Kepri

Miftah Ardhian
5 Mei 2017, 17:49
Kapal ro-ro
Antara

Pemerintah tengah mengincar Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari aktivitas lego jangkar atau kapal yang berlabuh di sekitar wilayah perairan Kepualuan Riau (Kepri). Upaya ini dilakukan karena banyaknya kapal-kapal dari dalam dan luar negeri yang melakukan aktivitas di wilayah tersebut tanpa adanya pengelolaan yang jelas.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan pihaknya sangat mendukung langkah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untu pengelolaan aktvitas kapal di sekitar wilayah perairan Kepualauan Riau. Langkah ini dinilai bisa mengoptimalkan PNBP dari aktivitas kapal, terutama dalam melakukan lego jangkar.

"Di situ harus ada pengelolaannya, yang ujungnya bagaimana bisa mengoptimalkan pendapatan dari adanya aktivitas ekonomi itu," ujar Mardiasmo saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (5/5). Sayangnya Mardiasmo tidak menjelaskan secara rinci berapa besar potensi PNBP dari pengelolaan aktivitas lego jangkar ini.

(Baca: Operasi Pungli di Perhubungan Ungkap Potensi Kerugian Negara)

Mardiasmo mengaku saat ini pemerintah memang masih belum menentukan siapa yang akan ditunjuk melakukan pengelolaan tersebut. Begitu juga dengan skema dan besaran tarif yang dikenakan bagi kapal yang melakukan aktivitas ekonomi di salah satu wilayah perairan Indonesia. Yang jelas, dalam pengelolaan ini bukan hanya akan menarik PNBP untuk nasional, melainkan dapat menjadi bagian dari pendapatan daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengatakan pihaknya juga mendukung arahan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk menata kembali aktivitas ekonomi di perairan daerahnya. Menurutnya, selain aktivitas kapal dalam melakukan lego jangkar, masih ada beberapa aturan yang tumpang tindih yang membuat aktivitas ekonomi di wilayah Kepulauan Riau belum terkonsolidasikan dengan baik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...