BI Tunggu Laporan Kerugian Nasabah Mandiri Online

Ameidyo Daud Nasution
8 Mei 2017, 18:23
Bank Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata

Tim pengawas sistem pembayaran dari Bank Indonesia (BI) telah meminta laporan tentang masalah dalam sistem Mandiri Online. Namun, hingga saat ini Departemen Surveilans Sistem Keuangan (DSSK) BI masih menunggu penjelasan soal masalah yang mengakibatkan terkurasnya dana puluhan nasabah tersebut.

“Kami sudah memanggil Bank Mandiri untuk menyampaikan laporan secara lengkap. Saat ini timnya sudah lengkap dan akan didorong,” Deputi Gubernur BI Bidang Sistem Pembayaran Sugeng di kantornya, Jakarta, Senin (8/4).

Menurut Sugeng, tim pengawas sistem pembayaran BI masih berupaya untuk mencari faktor penyebab terkurasnya dana nasabah melalui Mandiri Online secara detail. Meski, ia belum bisa memastikan sampai kapan tim itu akan bekerja.

(Baca juga:  Mandiri Online Normal, BI Minta Aliran Dana Raib Nasabah Diblokir)

Sugeng juga menyatakan bahwa instansinya belum menerima laporan soal jumlah nasabah yang menjadi korban dan berapa dana mereka yang terkuras akibat kesalahan sistem Mandiri Online. "Kerugian (total nasabah) kami belum pegang," ujarnya.

Sebelumnya, Bank Mandiri menyetop sementara layanan Mandiri Online mulai Jumat (5/5) siang. Dari akun Twitter resmi Bank Mandiri diketahui bahwa layanan baru bisa kembali digunakan nasabah lebih dari 24 jam kemudian pada Sabtu (6/5) sore.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...