Kementerian ESDM: Subsidi Elpiji 3 Kg Pakai Kartu Hemat Rp 20 Triliun

Anggita Rezki Amelia
8 Juni 2017, 18:26
Elpiji pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mensosialisasikan program elpiji tiga kilogram (kg) tepat sasaran. Program yang rencananya akan dilakukan serentak mulai Maret tahun depan ini diharapkan bisa menghemat dana subsidi sekitar Rp 20 triliun.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (migas) Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, program ini bertujuan agar masyarakat tidak mampu saja yang akan memperoleh jatah subsidi. Sebanyak 26,6 juta masyarakat miskin dan rentan miskin akan mendapatkan bantuan subsidi langsung setiap bulan.

(Baca: Tekan Subsidi, Pemerintah Kaji Harga Elpiji 3 Kg Naik Rp 3.000)

Pemberian bantuan subsidi tersebut melalui kartu keluarga sejahtera yang dikeluarkan Kementerian Sosial. “Nanti kami titip di situ (kartu keluarga sejahtera)," kata dia dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM, Kamis (8/6).

Untuk mensukseskan program tersebut, pemerintah juga menggaet Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penyaluran subsidi tepat sasaran nantinya juga akan menggunakan kartu nontunai yang dikeluarkan oleh beberapa bank BUMN seperti BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...