Jokowi Siapkan Reshuffle Kabinet Setelah Lebaran

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Yura Syahrul
23 Juni 2017, 19:49
Rapat Kabinet
Laily - Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo memimpin rapat kabinet bersama seluruh jajaran menteri, termasuk menteri yang baru dilantik pasca reshuffle kabinet jilid II, Juli 2016.

Presiden Joko Widodo tetap berencana melakukan perombakan (reshuffle) kabinet jilid III memasuki tiga tahun masa pemerintahannya. Rencana itu dikabarkan akan direalisasikan segera setelah Lebaran.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, Presiden sudah membahas rencana perombakan kabinet ini bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain itu, Jokowi semakin intens memanggil para menteri maupun tokoh sejak sepekan terakhir menjelang Lebaran.

Advertisement

Pemanggilan tersebut untuk membahas rencana perombakan kabinet dalam waktu dekat ini. “Waktu pastinya cuma Presiden yang tahu. Tapi kemungkinan pekan pertama setelah Lebaran,” kata sumber tersebut, Kamis lalu (22/6).

Di luar agenda sidang kabinet maupun rapat terbatas, Jokowi memang rajin memanggil para menteri dan sejumlah tokoh sejak pekan lalu. Di antaranya dalam kesempatan terpisah, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

(Baca: Beras Masyarakat Miskin Telat, Jokowi Sentil Anak Buahnya)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Perhubungan Budi Karya juga sempat dipanggil Presiden pekan ini. Mereka mengaku masing-masing membahas soal subsidi energi dan persiapan angkutan lebaran.

Ada pula, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur. "Membahas formula baru tunjangan pensiun Aparatur Sipil Negara," katanya usai bertemu Presiden, Selasa lalu (20/6).

Selain para menteri, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Soetrisno Bachir juga pernah menemui Presiden pekan lalu. Namun, Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) ini mengaku pertemuan tersebut membahas peta jalan industrialisasi.

(Baca: Formula Baru Tunjangan Pensiun PNS Disertai Iuran Pemerintah)

Asman memang salah satu menteri yang santer disebut-sebut akan dicopot Jokowi. Dia merupakan representasi Partai Amanat Nasional (PAN) di kubu pemerintah. Partai berlambang matahari itu berseberangan dengan partai-partai lain pendukung Presiden saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta awal tahun ini. “Asman akan out (dari kabinet),” ujar seorang sumber lainnya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement