Siapkan PON 2020, Papua Minta Talangan Rp 1,6 Triliun

Ameidyo Daud Nasution
19 Juli 2017, 19:50
Jokowi di Jalan Trans Papua
Istimewa
Presiden Joko Widodo mengendarai motor trail di Jalan Trans Papua, Rabu (10/5).

Pemerintah mulai menyiapkan helatan Pekan Olahraga Nasional 2020 yang akan digelar di Papua. Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan, Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) untuk persiapannya.

"Karena kebutuhan yang kami minta ditalangi (Pemerintah) pusat untuk 2018 nanti mencapai Rp 1,6 triliun," kata Lukas usai rapat terbatas evaluasi proyek strategis nasional di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/7).

Ia menyebut, beberapa proyek infrastruktur seperti revitalisasi bandara Sentani, Jayapura saat ini telah rampung. Begitu pula pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang telah selesai. (Baca juga:  Freeport Belum Bayar Pajak, Gubernur Papua Mengadu ke Jokowi)

Sementara, Presiden Joko Widodo menyatakan, fokusnya saat ini adalah membuka isolasi wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat. Menurutnya, pembukaan daerah terisolir tersebut berkorelasi dengan kesejahteraan masyarakat Papua itu sendiri.

Dalam pembukaan rapat terbatas evaluasi proyek strategis nasional, Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini melakukan berbagai cara untuk membuka daerah-daerah yang terisolasi tersebut. Salah satunya dengan mempercepat pembangunan infrastruktur penunjang konektivitas.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...