September, Pertamina Akan Putuskan Nasib Blok East Kalimantan

Anggita Rezki Amelia
18 Agustus 2017, 21:51
Rig
Katadata

PT Pertamina (Persero) akan memutuskan nasib Blok East Kalimantan September ke depan. Saat ini perusahaan pelat merah itu masih mengkaji keekonomian blok tersebut untuk memutuskan mengambilalih kelola atau tidak.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan sudah menyampaikan perpanjangan waktu selama tiga bulan sejak Juli kepada pemerintah untuk mengkaji keekonomian tersebut. "Harusnya akhir September atau awal Oktober. Ini lagi rapat terus, " kata dia di kantor BPH Migas, Jakarta, Jumat (18/8).

Advertisement

(Baca: Alih Kelola Blok East Kalimantan Terganjal Dana Pasca Tambang)

Ada beberapa pertimbangan yang membuat perusahaannya masih berupaya mengkaji ulang blok tersebut. Salah satunya adalah kewajiban dana pemulihan tambang (Abandonment Site Restoration/ASR) yang ditanggung Pertamina. Sebenarnya, jika jumlah dana yang harus ditanggung itu sedikit, blok itu masih ekonomis.

Namun apabila, ASR yang ditanggung Pertamina sangat besar bisa berpengaruh ke keekonomian. "Selain menanggung beban yang di depan, kami juga  menanggung beban di belakang. Kalau kecil tidak apa-apa, bisa kami depresiasi," kata Elia.

(Baca: Pertamina Siap Kembalikan Blok East Kalimantan kepada Pemerintah)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement