IHSG Melesat Naik 0,35% Terbantu Penguatan Rupiah dan Harga Komoditas

Happy Fajrian
13 Maret 2019, 20:02
Ilustrasi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) naik 23,8 poin atau 0,37% ke level 6.377,58 pada penutupan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu sore (13/3). IHSG berhasil menghijau di tengah bursa saham Asia yang mayoritas terkoreksi sekaligus mematahkan prediksi yang menyatakan tren koreksi IHSG akan berlanjut hari ini.

Bursa saham di Asia yang mengalami koreksi hari ini di antaranya indeks Strait Times sebesar 0,52%, Shanghai 1,09%, Nikkei 0,99%, Hang Seng 0,39%, serta Kospi 0,41%. Sedangkan indeks PSEi dan KLCI berhasil menghijau dengan kenaikan masing-masing sebesar 0,24% dan 0,42%.

Analis Indopremier Sekuritas Mino mengatakan kenaikan IHSG hari ini didorong oleh berlanjutnya penguatan rupiah serta naiknya sebagian besar harga komoditas seperti minyak mentah, nikel, timah, emas, dan batu bara.

"Aksi beli investor terhadap saham-saham yang sudah mengalami jenuh jual, juga turut menjadi tambahan katalis positif di pasar," papar Mino di Jakarta, Rabu (13/3).

(Baca: Semen Indonesia Industri Bangunan Laksanakan Tender Offer Rp 3 Triliun)

Sementara itu bursa saham Asia terkoreksi akibat meningkatnya kekhawatiran investor terkait proses Brexit yang masih belum mendapatkan persetujuan dari Parlemen Inggris sehingga ada potensi Inggris keluar dari Uni Eropa (UE) tanpa mengantongi kesepakatan apapun dengan UE.

Dibuka di teritori negatif, IHSG bertahan di zona tersebut hingga 1 jam setelah perdagangan dimulai. Setelah itu, IHSG bertahan di teritori positif hingga perdagangan berakhir. Sepanjang hari ini IHSG bergerak di kisaran level 6.337,88 hingga level tertingginya 6.377,58.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...