6 Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil Bila Dilakukan Secara Rutin

Image title
7 Maret 2022, 10:28
Ilustrasi enam manfaat jalan kaki untuk ibu hamil yang bisa diraih apabila dilakukan secara rutin dan penuh semangat.
Pexels.com
Ilustrasi enam manfaat jalan kaki untuk ibu hamil yang bisa diraih apabila dilakukan secara rutin dan penuh semangat.

Menjaga kebugaran bagi ibu hamil adalah sebuah hal penting yang harus dilakukan. Karena dengan kebugaran, jabang bayi dalam kandungan juga akan terjaga kesehatannya. Ibu yang sehat akan melahirkan anak yang lebih kuat, sehat, dan bahkan lebih cerdas. Nah, salah satu jenis olahraga yang paling aman, murah, dan mudah dilakukan oleh ibu hamil adalah jalan kaki.

Aneka Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Rutin melakukan jalan kaki bagi ibu hamil juga menjaga kebugaran tubuh, tapi juga bermanfaat untuk bayi yang sedang dikandung. Selain itu masih ada beragam manfaat lain yang bisa didapatkan, antara lain:

1. Memberikan Kelancaran Pada Sistem Pencernaan

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Bagi ibu hamil, manfaat ini dapat mengurangi keparahan mual dan muntah saat hamil hingga diare atau sembelit. Secara umum, aktivitas ringan seperti jalan kaki mampu melancarkan pencernaan.

Pencernaan yang sehat juga membantu tubuh lebih cepat menyerap nutrisi dan mengubah makanan menjadi energi, serta menurunkan resistensi insulin yang bisa memicu perkembangan diabetes.

2. Mencegah Perkembangan Risiko Diabetes Gestasional

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil yang kedua adalah mengatasi diabetes gestasional. Karena jenis diabetes ini membentuk komplikasi kehamilan yang terbilang cukup banyak terjadi. Risiko diabetes gestasional dapat meningkat drastis bila sejak sebelum hamil dan sampai seterusnya ibu hamil mengalami kelebihan berat badan dengan skor BMI 30 atau lebih.

Gula darah yang dibiarkan tinggi selama kehamilan akan meningkatkan risiko ibu melahirkan prematur, serta memiliki bayi obesitas.

Olahraga seperti jalan kaki akan membantu ibu hamil menjaga dan mengendalikan berat badan, sehingga dapat mengurangi risiko terkena diabetes gestasional. Bahkan aktivitas ringan ini juga menghindari risiko diabetes gestasional berkembang menjadi diabetes tipe 2 setelah melahirkan.

3. Mencegah Kadar Risiko Preeklampsia

Salah satu risiko yang kerap mendera ibu hamil adalah preeklampsia. Karena dalam kondisi ini ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi semasa hamil, meski sebelumnya tidak memiliki riwayat hipertensi. Setidaknya 5-8% ibu hamil di dunia mengidap preeklampsia, dan kurang lebih 10-15 persen dari total kasus kematian ibu saat melahirkan diakibatkan oleh preeklampsia.

Jalan kaki membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi kolesterol, sehingga menyeimbangkan tingkat tekanan darah selama kehamilan. Sehingga ibu hamil bisa berisiko lebih rendah mengalami persalinan prematur yang terjadi karena preeklampsia.

4. Meredakan Stres

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil selanjutnya adalah menjadi pereda stres. Sebab, orang yang rutin jalan kaki, pada semasa hamil sekalipun, mengalami peningkatan hormon bahagia endorfin yang membuat suasana hati lebih baik dan menimbulkan rasa senang. Olahraga secara teratur juga dapat membuat tidur nyenyak.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...