8 Obat Masuk Angin Alami

Image title
7 Maret 2022, 14:51
Obat masuk angin alami.
Africa Studio/stock.adobe.com
Obat masuk angin alami.

Masuk angin bisa menyerang siapa saja tanpa kenal usia dan jenis kelamin. Istilah yang tidak ada dalam dunia kedokteran ini merujuk pada sekumpulan gejala penyakit tertentu.

Penyakit ini bisa muncul akibat kurang tidur, telat makan, atau sering begadang. Selain itu, masuk angin bisa disebabkan oleh paparan suhu ekstrem, kelehahan setelah aktivitas berat, dispepsia, atau infeksi virus dan bakteri.

Gejala yang dialami penderitanya berbeda-beda. Namun, orang yang mengalami masuk angin umumnya merasa menggigil, demam, sakit kepala, sering buang angin, nyeri perut, perut kembung, dan lemas.

Gejala-gejala tersebut sering mengganggu penderitanya dalam beraktivitas. Untuk itu, ketika merasakan gejala masuk angin seseorang biasanya langsung mengonsumsi beberapa produk pasaran yang dirasa ampuh meredakan masuk angin.

Namun, selain mengonsumsi produk tersebut, ada beberapa obat masuk angin alami yang bisa dibuat dengan bahan rumahan secara mudah dan tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Obat Masuk Angin Alami

1. Jahe

Tanaman dengan nama latin zingiber officiale ini memiliki kandungan seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, gula, asam folat, zat besi, kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B2, magnesium, fosfor, dan zinc yang baik untk kesehatan.

Jahe efektif untuk meredakan mual, muntah, dan kondisi terkait masuk angin. Untuk mengonsumsinya bisa dilakukan dengan menyeduh jahe dengan air panas atau yang biasa disebut wedang jahe. Selain itu, jahe bisa langsung dikunyah atau dicampur ke dalam teh hangat.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki ragam khasiat untuk kesehatan. Umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum ini mengandung senyawa belerang yang memasuki tubuh dari saluran pencernaan.

Selain itu, bawang putih mengandung senyawa allicin yang menyebabkan aroma khas bawang putih setelah dipotong atau digeprek. Bawang putih dapat mengobati tekanan darah tinggi, bronkitis, perut kembung, demam hingga masuk angin.

3. Peppermint

Peppermint sering digunakan sebagai bahan herbal untuk meredakan berbagai penyakit. Minyak peppermint membantu melemaskan otot-otot lambung dan menjaganya dari kram atau kontraksi akibat masuk angin. Sebuah studi menyatakan bawah aromaterapi peppermint ampuh mengurangi rasa mual hingga 75 persen.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...