Ciri Ciri Entrepreneur dan Contohnya di Indonesia

Dwi Latifatul Fajri
10 Maret 2022, 19:13
Ilustrasi, Entrepreneur
Pexels/RODNAE Productions
Ilustrasi, Entrepreneur

Entrepreneur merupakan istilah yang tidak asing, dan kerap diasosiasikan dalam bidang kewirausahaan yang berperan dalam bisnis dan perusahaan. Secara umum, seorang pengusaha atau entepreneur adalah orang yang mampu mengelola, mengendalikan, dan menyatukan faktor produksi.

Definisi entepreneur secara spesifik cukup beragam. Menurut Cambridge Dictionary, entrepeneur adalah seseorang yang memulai bisnis sendiri atau bisa dibilang seseorang yang mampu melihat peluang baru untuk memulai usaha.

Advertisement

Sementara, Investopedia mendefinisikan entrepreneur sebagai orang yang menciptakan bisnis, dan bersedia menanggung risiko.  Sebagai pendiri bisnis dan pemegang risiko terbesar, pada akhirnya entrepreneur menikmati sebagian besar keuntungan dari bisnis yang dijalankan.

Untuk menjadi seorang entrepreneur yang baik, seseorang harus memiliki kemampuan, ilmu pengetahuan, modal, dan ketrampilan. Kemampuan ini bermanfaat untuk menciptakan produk baru, inovasi, dan melakukan terobosan. Selain itu, seorang entrepeneur menemukan ide dan mematangkannya untuk dikembangkan menjadi usaha.

Ciri-ciri Entrepreneur

Seorang entepreneur akan mampu bekerjasama dalam sebuah tim. Kelompok tim inilah yang bekerja secara terstruktur dan mencari ide-ide untuk menghasilkan produk dan/atau jasa yang mampu menjawab kebutuhan konsumen.

Harvard Business School menyebutkan, entepreneur yang baik bisa datang dari semua lapisan masyarakat. Seorang entrepreneur disebutkan tidak memiliki karakteristik tunggal yang menggambarkan dirinya. Namun, ada beberapa karakteristik tertentu yang sangat penting dimiliki oleh seseorang saat memulai dan memimpin sebuah organisasi atau entitas bisnis.

Harvard Business School mendeskripsikan setidaknya ada 10 ciri-ciri yang ada dalam seorang entrepreneur, yaitu sebagai berikut:

1. Rasa Ingin Tahu

Karakteristik pertama menjadi entrepeneur adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta keinginan untuk terus mencari peluang baru. Mereka tidak mudah puas dan memiliki pola pikir penasaran.

Selain itu, entrepeneur suka dengan hal yang menantang dan menjelajahi hal-hal baru. Dalam Entrepreneurship Essentials, kewirausahaan digambarkan sebagai proses penemuan.

2. Melakukan Eksperimen Terstruktur

Selain memiliki rasa ingin tahu, seorang entrepreneur juga kerap melakukan eksperimen yang terstruktur terhadap peluang baru yang muncul. Ini dilakukan untuk menentukan apakah suatu ide atau peluang yang muncul layak untuk dikejar.

Misalnya, jika Anda memiliki ide untuk produk atau layanan baru, Anda harus memastikan konsumen bersedia membayarnya. Untuk melakukannya, Anda harus melakukan riset pasar secara menyeluruh dan menjalankan tes. Ini penting dilakukan untuk memvalidasi ide Anda dan menentukan apakah ide tersebut memiliki potensi.

3. Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi penting untuk memunculkan peluang baru. Entrepreneur yang baik akan mencari kesempatan dan melakukan adaptasi. Cara ini penting untuk memahami situasi dan bisnis dapat bergerak maju.

4. Tegas

Entrepreneur memiliki sikap pemimpin yang harus membuat keputusan sulit. Mejadi pemimpin harus bertanggung jawab dan membantu bisnis dalam berbagai aspek.

Seorang wirausahawan harus tegas mengambil keputusan, menanggapi tantangan, dan menyelesaikan. Jika hasilnya kurang menguntungkan, maka perlu diambil tindakan lain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement