10 Contoh Daftar Pustaka Makalah dari Berbagai Sumber

Meski terletak di bagian paling akhir dalam karya ilmiah, keberadaan daftar pustaka sangat penting untuk dicantumkan. Berikut ini 10 contoh daftar pustaka makalah yang bisa menjadi bahan rujukan.
Image title
15 Maret 2022, 17:34
Ilustrasi, contoh daftar pustaka makalah
Katadata
Ilustrasi, contoh daftar pustaka makalah

Dalam penulisan karya ilmiah, daftar pustaka adalah hal penting tidak boleh terlewatkan. Meski secara struktur letaknya berada di bagian belakang, namun menjadi keabsahan, apakah tulisan tersebut memiliki nilai ilmiah atau tidak. Melalui daftar pustaka, pembaca suatu karya ilmiah dapat mengetahui bahwa penelitian atau kajian disusun berdasarkan dari berbagai sumber.

Dikutip dalam buku berjudul Bahasa Indonesia Bahasa Kebangsaanku: untuk SMP dan MTs kelas IX, dijelaskan kalau karya ilmiah adalah tulisan hasil berpikir ilmiah. Proses berpikir ilmiah terdiri atas identifikasi masalah, pembatasan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Banyak ragam dan jenis tulisan yang termasuk karya ilmiah, misalnya makalah, artikel penelitian, artikel ilmiah populer, buku, modul, atau buku pelajaran.

Penyusunan karya ilmiah jelas membutuhkan banyak sumber, baik buku dan/atau karya ilmiah lain dengan objek penilitian atau bahasan yang sama. Oleh karena itu, penting bagi penulis suatu karya ilmiah untuk menyertakan sumber-sumber yang menjadi referensinya dalam menyusun suatu karya ilmiah.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan Daftar Pustaka Makalah

Advertisement

Hal yang pertama yang patut diperhatikan adalah pengertian mengenai daftar pustaka. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daftar pustaka didefinisikan sebagai daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang atau penulis, nama penerbit serta tempatnya, yang ditulis dan ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan dan buku. Daftar pustaka dan contoh daftar pustaka yang ada, biasanya disusun berdasarkan abjad.

Sampai saat ini mungkin saja masih ada mahasiswa ataupun siswa sekolah, yang menganggap bahwa daftar pustaka serta catatan kaki adalah hal serupa. Padahal faktanya, kedua bagian tinjauan kepustakaan itu sangat berbeda. Baik fungsi hingga pengertiannya.

Pengertian catatan kaki adalah keterangan yang dicantumkan pada margin bawah halaman sebuah buku. Catatan kaki biasanya dicetak dengan huruf yang lebih kecil guna menambah uraian pokok pada sebuah tulisan.

Sementara daftar pustaka, fungsinya untuk mencantumkan keterangan data buku yang dipakai sebagai sumber rujukan. Selain itu, penempatannya di akhir buku dengan disusun berdasarkan abjad. Contoh daftar pustaka juga bisa dilihat pada bagian akhir sebuah jurnal ilmiah, skripsi, makalah, dan lain sebagainya. Daftar pustaka menjadi bagian penting serta syarat pada penulisan ilmiah.

Berikut beragam contoh daftar pustaka makalah yang bisa menjadi rujukan.

10 Contoh Daftar Pustaka Makalah dari Berbagai Sumber

1. Contoh Daftar Pustaka dari Buku Terbitan Berseri
Struktur penulisannya: Nama penulis. Tahun terbit. Judul tulisan. Nama Terbitan, Nomor Seri: Halaman. Kota terbit: Penerbit.

Contoh penulisan daftar pustaka: Lukmana, Iwa. 2005. Sundanese Speech Levels. Seri Sundalana, 04 Islam dalam Kesenian Sunda: 115-148. Bandung: Kiblat.

2. Contoh Daftar Pustaka dari Buku
Contoh penulisan daftar pustaka makalah yang pertama adalah dari buku. Adapun struktur penulisannya: Nama penulis. Tahun terbit. Judul Buku. Kota terbit: Penerbit.

Contoh penulisan daftar pustaka: Badudu, J.S. 1993. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar I. Jakarta : PT Gramedia.

3. Contoh Daftar Pustaka dari Buku Terdiri 2-3 Penulis.
Struktur penulisannya : Nama penulis 1, 2, 3. Tahun terbit. Judul Buku. Kota terbit: Penerbit.

Contoh penulisan daftar pustaka : Hers, Norman dan Garrison, Ervan G. 1998. Geological Methods for Archeology. Oxford: Oxford University Press.

4. Contoh Daftar Pustaka dari Buku Terdiri 4 atau Lebih Penulis
Struktur penulisannya : Nama penulis 1., dkk. Tahun terbit. Judul Buku. Kota terbit: Penerbit.

Contoh penulisan daftar pustaka: Maryanto, Ibnu., dkk. 2007. Nama Daerah Mamalia di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.

5. Contoh Daftar Pustaka dari Buku yang Ditulis Atas Nama Lembaga
Struktur penulisannya: Nama lembaga. Tahun terbit. Judul Buku. Kota terbit: Penerbit.

Contoh penulisan daftar pustaka: UNESCO-IBE. 2000. Globalization and Living Together: The Challenges for Educational Content in Asia. New Delhi: UNESCO – Central Board of Secondary Education, India.

6. Contoh Daftar Pustaka dari Buku Penulisnya Sama
Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia. Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division.

Willmott, W. (2006). Rocks and landscapes of the national parks of Central Australia. Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division.

7. Contoh Daftar Pustaka dari Buku Edisi atau Revisi
Chandra, J. 2009. Perkembangan Teknologi Digital dari Zaman ke Zaman (Rev. ed). Bandung: Penerbit Bandung.

8. Contoh Daftar Pustaka dari Media Cetak dengan Penulis dan Tanpa Penulis
Tanpa penulis: Judul tulisan. Tahun terbit. Media Massa. Tanggal terbit: Halaman.

Contoh penulisan daftar pustaka: Kemenyan Barus Untuk Sang Raja. 2013. Kompas. 29 Desember: 1.

Dengan penulis: Nama penulis. Tahun terbit. Judul tulisan. Media Massa. Tanggal terbit: Halaman.

Contoh penulisan daftar pustaka : Ekadjati, Edi S. 2004. Pendidikan di Tatar Sunda (1). Pikiran Rakyat. 20 November: 16.

9. Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal
Struktur penulisannya: Nama penulis. Tahun pelaporan. Judul Penelitian. Laporan Penelitian. Kota kedudukan:

Contoh penulisan daftar pustaka: Instansi. Sudarti. 2009. Masa Klasik Tarumanegara di Wilayah Pandeglang Provinsi Banten. Laporan Hasil Penelitian Arkeologi. Bandung: Balai Arkeologi Bandung.

10. Contoh Daftar Pustaka Dari Internet (media daring)
Struktur penulisan: Nama penulis. Tahun terbit (diunggah). Judul tulisan. (Alamat Web Lengkap, diakses:tanggal akses).

Cara penulisan daftar pustaka: Hunter, K. (1988). Heritage Education in the Social Studies. (http://www.ed.gov/databases/ERICDigest/Index/ED30036, diakses 9 Januari 2002).

Demikianlah sepuluh contoh daftar pustaka makalah yang bisa menjadi landasan dalam proses penulisan. Selain itu harap diamati sumber rujukan dalam mengambil referensi agar tidak mengurangi bobot ilmiah. Karena tidak semua referensi baik buku, jurnal atau blog bisa dijadikan referensi dalam karya tulis ilmiah.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait