7 Marketplace Terbesar di Indonesia Kuartal III 2021

Siti Nur Aeni
23 Maret 2022, 16:25
Ilustrasi, seorang pria tengah mengakses aplikasi salah satu e-commerce. Sepanjang kuartal III 2021, Tokopedia menempati urutan pertama marketplace terbesar di Indonesia dari segi jumlah pengunjung.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.
Ilustrasi, seorang pria tengah mengakses aplikasi salah satu e-commerce. Sepanjang kuartal III 2021, Tokopedia menempati urutan pertama marketplace terbesar di Indonesia dari segi jumlah pengunjung.

Marketplace adalah model bisnis baru yang berkembang seiring pesatnya perkembangan infrastruktur teknologi informasi. Menurut penjelasan di Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika 6(2), marketplace dibuat untuk mengurangi proses bisnis yang kompleks sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas.

Indikator efektifitas marketplace bisa dilihat dari kemampuan platform tersebut dalam memberikan fasilitas transaksi, mempertemukan penjual dan pembeli, serta menyediakan infrastruktur. Sementara itu, indikator efisiensi platform jual beli online dilihat dari ringkasnya waktu dan biaya yang diberikan platform tersebut.

Advertisement

Marketplace Terbesar di Indonesia

Di Indonesia saat ini sudah ada beragam jenis marketplace dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika dilihat dari jumlah pengunjung pada kuartal III tahun 2021, berikut daftar marketplace terbesar di Indonesia.

1. Tokopedia

Di posisi pertama, ada Tokopedia yang merupakan platform jual beli online yang paling banyak dikunjungi pada kurtal III tahun 2021. Jumlah pengunjung bulanan situs Tokopedia mencapai 158,1 juta kunjungan. Angka tersebut naik sekitar 7% dari kurtal sebelumnya.

Melansir dari laman resminya, Tokopedia diluncurkan pada 17 Agustus 2009. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Hingga saat ini Tokopedia sudah menjangkau 99% kota di Indonesia dengan lebih dari 550 juta produk terdaftar di platform tersebut.  

2. Shopee

Contoh marketplace lainnya yang memiliki banyak pengunjung di kuartal III 2021 yaitu Shopee. Platform ini dikunjungi sekitar 134,4 juta kunjungan atau naik 5,7% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Shopee adalah platform belanja online yang diluncurkan tahun 2015. Tak hanya di Indonesia, platform ini juga hadir di beberapa negara lain seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina.

Jika melihat dari laman careers.shopee.co.id, kini kantor Shopee sudah tersebar di beberapa kota di luar dan dalam negeri, seperti berikut:

  • Bandung
  • Bangalore
  • Bangkok
  • Beijing
  • Bekasi
  • Hanoi
  • Ho Chi Minh City
  • Jakarta
  • Kuala Lumpur
  • Manila
  • Medan
  • Mexico City
  • Sao Paulo
  • Seoul
  • Shanghai
  • Shenzhen
  • Singapura
  • Solo
  • Taipe
  • Tokyo
  • Warsawa
  • Yogyakarta

3. Bukalapak

Bukalapak juga termasuk marketplace dengan pengunjung web terbanyak di kuartal III 2021. Pengunjung platform ini mencapai 30,1 juta kunjungan pada periode tersebut.

Menurut penjelasan di situs resminya, Bukalapak adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan misi menciptakan perekonomian yang adil untuk semua pihak. Bukalapak didirikan pada tahun 2010 dan pada tahun 2017 lalu statusnya sudah menjadi unicron.

Platform Bukalapak hadir dengan berbagai kemudahan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pilihan sistem pembayaran di Bukalapak. Setidaknya ada sembilan metode pembayaran di Bukalapak, diantaranya:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement