Pengertian Diksi, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Dwi Latifatul Fajri
29 Maret 2022, 14:40
Ilustrasi, buku. Dalam penyusunan buku, pemilihan diksi tergolong penting agar pembaca memahami tulisan yang berusaha disampaikan penulis.
Unsplash/Emmanuel Phaeton
Ilustrasi, buku. Dalam penyusunan buku, pemilihan diksi tergolong penting agar pembaca memahami tulisan yang berusaha disampaikan penulis.

Penulisan kalimat membutuhkan diksi atau pilihan kata. Pemakaian diksi bertujuan supaya pembaca memahami tulisan. Diksi penting dipakai untuk merangkai kata, memberi ekspresi, dan kesesuaikan dalam kalimat.

Diksi dapat menentukan gaya bahasa dalam tulisan. Sebuah kalimat, paragraf, hingga wacana membutuhkan gaya bahasa. Pengaruh diksi dalam gaya bahasa dapat membentuk suasana, kejujuran, kesopanan, hingga tingkat keresmian.

Advertisement

Pengertian Diksi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaan. Diksi digunakan untuk mengungkapkan gagasan sehingga memperoleh efek tertentu, seperti yang diharapkan.

Pengertian menurut KBBI menjelaskan diksi sebagai pilihan kata yang sesuai. Diksi dipakai untuk pemilihan kata sehingga mengungkapkan gagasan tertentu.

Contohnya dalam karya tulis diksi dipakai dalam pembahasan aspek kata di dalam sajak. Mengutip dari penerbitdeepublish.com, diksi meliputi denotasi konotasi, morfologi, semantik, dan etimologi.

Diksi dalam puisi digunakan penyair untuk mendapatkan makna tertentu. Pemakaian diksi dalam karya sastra yang satu ini, mampu membantu pembaca memunculkan imajinasi dalam puisi.

Jenis-Jenis Diksi

Diksi digunakan pengarang dalam karya sastra untuk dipahami pembaca atau pendengar. Pemilihan kata yang sesuai akan mempengaruhi pembaca tentang isi karya.

Berikut jenis-jenis diksi:

1. Denotatif

Denotatif adalah makna yang sesuai dengan hasil observasi, menurut penglihatan, pendengaran, perasaan, penciuman, dan pengalaman lain. Makna denotasi adalah makna sebenarnya atau lawan kata dari konotatif.

Contoh kalimat denotatif meliputi:

  • Beruang makan madu
  • Andi suka memasak seperti ibunya
  • Jerawat bisa dikurangi memakai sebum pada wajah

2. Konotatif

Konotatif disebut juga makna kiasan atau bukan makna sebenarnya. Kata konotasi memiliki makna tertentu yang sifatnya emosional, sehingga menimbulkan imajinasi dan nilai rasa tertentu.

Menurut KBBI konotasi adalah tautan pikiran yang menimbulkan nilai rasa pada seseorang ketika berhadapan dengan sebuah kata. Makna yang ditambahkan dalam makna denotasi.

Contoh kalimat konotatif yaitu:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement