Mengenal Varian XE, Mutasi Terbaru Covid-19

Siti Nur Aeni
6 April 2022, 10:23
Ilustrasi, Covid-19. Virus corona atau Covid-19 terus bermutasi. Varian terbaru yang terdeteksi adalah varian XE.
Pixabay/geralt
Ilustrasi, Covid-19. Virus corona atau Covid-19 terus bermutasi. Varian terbaru yang terdeteksi adalah varian XE.

Virus corona atau Covid-19 kembali bermutasi. Baru-baru ini, di Inggris ditemukan varian terbaru bernama varian XE atau Omicron XE. Varian merupakan virus rekombinan yaitu perpaduan dari dua varian Omicron sebelumnya, BA.1 dan BA.2.

Lalu, bagaimana gejala dari varian terbaru ini? Dan apakah varian ini sudah ada di Indonesia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Advertisement

Mengenal Varian XE

Mengutip dari sehatq.com, disebutkan bahwa varian Omicron XE pertama kali ditemukan di Inggris pada 19 Januari 2022. Sejak saat itu, pemerintah Inggris mengumumkan sudah ada 630 kasus. Penelitian awal memprediksi bahwa vairan ini 10% lebih menular dibandingkan Omicron BA.2.

World Health Organization (WHO) juga mengingatkan bahwa tingkat penularan varian terbaru ini hanya sebatas perkiraan awal saja. Kepada Penasihat Medis untuk Badan Keamanan Kesehatan Inggris juga menerangkan bahwa belum ada bukti yang cukup untuk menyimpulkan tenteng tingkat penularan, keparahan, atau efektivitas vaksin terhadap varian XE.

Varian Omicron XE merupakan virus rekombinan. Tipe varian ini yaitu virus yang muncul saat ada dua atau lebih strain yang mengalami pertukaran beberapa materi genetik. Hasil dari pertukaran tersebut yaitu virus baru dengan karakteristik dari masing-masing strain.

Proses ini terjadi alami pada virus corona dan beberapa virus lain. Walaupun demikian, rekombinan merupakan hal yang jarang terjadi. Hanya ada 5% dari kasus Covid-19 di Amerika Serikat dan Inggris yang bersifat rekombinan.

Gejala Varian XE

Masih melansir dari sehatq.com, disebutkan bahwa varian XE tidak berpotensi menimbulkan gejala yang parah. Akan tetapi, varian baru ini bisa menyebar dengan cepat.

Gejala yang muncul pada seseorang yang terinfeksi varian Omicron XE tidak berbeda dengan gejala varian lain. Gejala varian XE yang biasanya muncul pertama kali yaitu rasa lelah dan pusing. Kemudian diikuti dengan gejala lain seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan demam.

Gejala umum lainnya yang juga bisa dirasakan penderita varian ini yaitu diare, mual, muntah, sakit perut, hingga masalah pencernaan lainnya. Sementara itu, gejala anosmia atau kehilangan kemampuan mencium dan mengecap jarang ditemukan pada pasien varian XE.

Fakta tentang Varian XE

Covid-19 varian XE termasuk varian baru yang belum banyak diketahui. Hal ini membuat banyak berita simpang siur yang menyebar ditengah masyarakat. Agar tidak salah informasi, berikut ini beberapa fakta seputar varian XE yang dikutip dari klikdokter.com.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement