10 Gejala Varian BA.2 yang Patut Diwaspadai

Siti Nur Aeni
7 Maret 2022, 15:31
10 Gejala Varian BA.2 yang Patut Diwaspadai
Pixabay/Alexandra_Koch
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

Sejak awal kemunculannya di akhir 2019, virus corona terus bermutasi hingga saat ini. Beberapa waktu terakhir, muncul varian BA.2 yang merupakan subvarian Omicron. Virus corona ini disebut-sebut sebagai varian “Omicron siluman” dan diketahui menyebar lebih cepat dibandingkan varian lainnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di laboratorium Jepang menyebutkan bahwa varian BA.2 resisten terhadap beberapa obat termasuk sotrovimab. Subvarian ini juga diketahui bisa menembus daya tahan tubuh seseorang yang sudah divaksin. Meskipun demikian, para ahli mengklaim vaksin booster dapat menghindarkan diri dari gejala serius hingga 74%.

Para peneliti juga mengatakan bahwa varian ini sangat bermutasi dibandingkan virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan. Varian BA.2 ini mempunyai banyak perubahan gen yang berbeda dari strain Omicron asli.

Gejala Varian BA.2

Seseorang yang terinfeksi varian BA.2 menunjukan beberapa gejala yang kurang lebih mirip dengan jenis mutasi corona lainnya. ZEO Covid Study dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan setidaknya ada 10 gejala varian BA.2 yang patut diwaspadai. Berikut daftaranya:

  1. Hidung tersumbat atau berair.
  2. Merasa kelelahan.
  3. Sakit kepala.
  4. Batuk terus menerus.
  5. Sesak napas.
  6. Nyeri otot.
  7. Anosmia.
  8. Sakit tenggorokan.
  9. Mual atau muntah.
  10. Diare.

Gejala COVID-19 Varian Omicron

Sebelum muncul varian BA.2 sudah ada mutasi Corona lain yang juga menular dengan cepat. Varian tersebut dikenal sebagai Omicron. Varian Omicron memiliki sekitar 30 kombinasi mutasi. Latak mutasi tersebut ada di spike protein. Hal tersebut yang membuat Omicron lebih cepat menyebar dibandingkan varian Delta.

Sama seperti jenis mutasi Corona lainnya, Omicron juga bisa menginfeksi orang dewasa hingga anak-anak. Berikut ini beberapa gejala Omicron yang dirasakan orang dewasa dan anak-anak.  

Gejala Omicron pada Dewasa

Sementara itu, gejala Covid-19 varian Omicron seperti berikut:

  1. Pilek.
  2. Sakit kepala.
  3. Rasa lelah baik ringan atau parah.
  4. Bersin-bersin.
  5. Sakit tenggorokan

Dr. John Vanchiere dari Center for Emerging Viral dalam hellosehat.com, juga menjelaskan umumnya pasien Omicron mengalami gejala seperti hidung berair, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat. Pasien juga ada yang mengalami batuk ringan dengan demam yang relatif jarang.

Kemunculan gejala Omicron ini relatif cepat karena masa inkubasi varian Omicron relatif lebih cepat dibandingkan dengan varian Corona sebelumnya. Sebagian pasien yang terinfeksi varian ini juga mengalami gejala campuran dengan kemungkinan sembuh lebih cepat dan tidak memerlukan perawatan intensif di rumah sakit.

Gejala Varian Omicron pada Anak

Anak-anak menjadi kelompok yang rentan karena memiliki daya tahan tubuh yang relatif lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa. Selain itu, kelompok anak-anak juga masih banyak yang belum divaksin. Maka dari itu, Omicron bisa mudah menginfeksi kelompok ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...