7 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia

Siti Nur Aeni
17 Mei 2022, 20:27
makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/hp.
Ilustrasi, hidangan sate, yang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia.

Indonesia sudah sejak lama terkenal dengan makanan khas yang beragam dan enak. Bahkan di setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda-beda. Hal ini menjadikaan Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang banyak dikunjungi wisatawan dari manca negara.

Lantas, apa saja makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Makanan Indonesia yang Terkenal di Dunia

Rasa makanan khas Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan banyak makanan Indonesia yang sudah terkenal hingga manca negara. Berikut ini daftar makanan khas Indonesia yang populer di dunia.

1. Rendang

Rendang
Rendang (instagram.com/rendanggadih.official/)

Kelezatan rendang nampaknya tidak perlu diragukan lagi. Makanan khas Padang ini banyak disukai karena rasanya yang gurih dan kaya rempah. Rendang umumnya terbuat dari daging sapi, walaupun ada juga yang mengolah rendang dari bahan-bahan lainnya.

Proses pembuatan rendang berbeda dengan olahan daging pada umumnya. Rendang dimasak dalam waktu yang lama (minimal empat jam), sehingga membuat tekstur daging menjadi empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Cara memasak rendah yang lama tidak hanya membuat cita rasanya menjadi enak, namun juga membuat makanan ini tahan lama. Wajar jika akhirnya rendang sering dibawa sebagai oleh-oleh khas Padang.

2. Sate

Sate BangDe
Sate BangDe (instagram/satebangde)

Selain rendang, sate juga termasuk makanan khas Indoensia yang terkenal di dunia. Di Indonesia, jenis sate cukup beragam. Setiap daerah memilki versi sate tersendiri yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Umumnya, sate terbuat dari daging walaupun kini mulai berkembang sate yang dibuat dari bahan vegan seperti jamur dan tempe. Daging yang digunakan untuk membuat sate bisa berasal dari daging sapi, kambing, ayam, hingga kerbau.

Daging tersebut dipotong dadu dengan ukuran kecil. Kemudian ditusuk menggunakan lidi. Setelah itu dibakar di atas bara api sembari diberi bumbu. Sate biasanya disajikan dengan sambal kecap atau sambal kacang sesuai dengan selera.

3. Nasi Goreng

Nasi goreng
Nasi goreng (Unsplash/Christopher Alvarenga)

Makanan khas Indonesia lainnya yang sudah terkenal hingga di dunia internasional yaitu nasi goreng. Makanan ini terbuat dari nasi yang digoreng bersama bumbu-bumbu khas. Biasanya nasi goreng disajikan bersama telur dan acar.

Sama seperti sate, nasi goreng juga memiliki banyak versi. Ada nasi goreng kampung, nasi goreng jawa, nasi goreng seafood, nasi goreng ijo, dan lain sebagainya. Umumnya, makanan ini disajikan saat sarapan atau makan malam. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membeli di penjual nasi goreng gerobak.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement