Memahami Diabetes, dari Penyebab hingga Cara Mencegahnya

Siti Nur Aeni
21 Mei 2022, 14:16
diabetes
Pexels/Klaus Nielsen
Ilustrasi, seseorang mengukur kadar gula darah, salah satu cara mendeteksi penyakit diabetes

Diabetes atau sering disebut penyakit gula merupakan penyakit kronis atau penyakit yang berlangsung jangka panjang. Tanda penyakit ini yaitu meningknya kadar gula darah hingga di atas batas normal.

Menurut penjelasan di halodoc.com, secara umum penyakit diabetes terbagi menjadi dua jenis yaitu:

Advertisement
  1. Diabetes tipe 1: jenis diabetes ini termasuk penyakit auto imun yang artinya sistem imun tubuh akan menyerang dirinya sendiri. kondisi ini membuat tubuh tidak bisa memproduksi insulin sama sekali.
  2. Diabetes tipe 2: pada jenis penyakit ini, tubuh tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Biasanya sel tubuh pengidap diabetes tipe 2 juga tidak bisa merespon insulin dengan normal.

Penyebab Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena adanya gangguan dalam tubuh yang membuat tubuh tidak bisa menggunakan glukosa darah ke dalam sel. Hal tersebut membuat glukosa menumpuk di dalam darah.

Menurut penjelasan di halodoc.com, penyebab diabetes tipe 1 yaitu karena kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin. Padahal, seharusnya kekebalan tubuh bekerja menyerang virus atau bakteri penyebab penyakit.

Kondisi tersebut membuat tubuh kekurangan atau bahkan tidak bisa menghasilkan insulin. Ketersediaan insulin yang tidak memadai membuat gula menumpuk dalam darah.

Sementara itu, penyebab diabetes tipe 2 yaitu karena tubuh bisa memproduksi insulin secara normal namun insulin tidak bisa digunakan secara normal. Kondisi ini dikenal dengan sebutan resisten insulin.

Faktor Risiko Penyakit Diabetes

Berdasarkan penjelasan di alodokter.com, disebutkan bahwa seseorang lebih mudah mengalami diabetes jika memiliki beberapa faktor risiko diabetes. Beberapa faktor risiko dari diabetes tipe 1, antara lain:

  1. Terdapat keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 1.
  2. Terinfeksi virus.
  3. Seseorang berkulit putih diketahui lebih mudah mengalami diabetes tipe 1 dibandingkan dengan ras lain.
  4. Diabetes tipe 1 biasanya muncul di usia berapapun, namun anak-anak usia 4-7 tahun dan 10-14 tahun berkemungkinan besar mengalami penyakit ini

Sementara itu, beberapa faktor risiko dari diabetes tipe 2 yaitu:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement