Sederet Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Diabetes

Siti Nur Aeni
17 Februari 2022, 18:17
Sederet Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Diabetes
pixabay.com
Buah kurma

Sejak dahulu buah kurma sudah dikenal sebagai buah yang mengandung banyak nutrisi. Kini kurma banyak diolah menjadi produk turunan, salah satunya sari kurma. Sama seperti buah aslinya, manfaat sari kurma juga sangat beragam.

Sari kurma diperoleh dari buah kurma yang dihaluskan lalu diambil sarinya. Sari kurma memiliki rasa manis dengan konsentrasi kental. Sari kurma memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Advertisement

Kandungan dalam sari kurma antara lain; glukosa protein, serat, vitamin A, B1, B2, C, biotin, biasain, asam folat, zat besi, kalsium, sodium, dan kalium. Mengutip dari Sehatq.com, berikut beberapa manfaat sari kurma untuk kesehatan.

Manfaat Sari Kurma untuk Tubuh

1. Meningkatkan trombosit dan hemoglobin

Kandungan zat besi dalam sari kurma membuat minuman ini dapat digunakan sebagai penambah darah dan dapat mengatasi anemia atau defisiensi zat besi. Maka dari itu, minuman ini juga baik dikonsumsi ibu hamil dan pasien demam berdarah.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Politeknik Kesehatan Surakarta, pemberian sari kurma pada ibu hamil diketahui bisa meningkatkan hemoglobin. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa sari kurma cukup efektif untuk meningkatkan trombosit.

2. Memelihara kesehatan pencernaan

Manfaat sari kurma lainnya yaitu bisa memelihara kesehatan pencernaan. Sari kurma mengandung serat yang berguna untuk mencegah konstipasi dan melancarkan pencernaan secara keseluruhan. Kandungan serat dalam sari kurma cukup tinggi. Dalam 100 gram sari kurma diketahui mengandung serat sekitar tujuh gram.

3. Mengontrol kadar gula dalam darah

Serat yang ada dalam sari kurma juga dipercaya bisa mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan indeks glikemik buah kurma relatif rendah, maka dari itu sari kurma cocok digunakan sebagai pemanis pengganti gula.

Namun untuk menjadikan sari kurma sebagai pengganti gula, pastikan sari kurma tersebut tidak mengandung pemanis buatan.

4. Menangkal radikal bebas

Sari kurma juga diketahui bisa menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan sari kurma mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Dengan kandungan antioksidan ini, maka tubuh bisa terhindar dari penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement