10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Tren minum kopi kini ini sedang naik daun. Kebiasaan ini membawa berkah bagi negara produsen kopi. Lalu, negara mana saja yang termasuk negara penghasil kopi terbesar di dunia? Ini datanya lengkapnya.
Image title
25 Mei 2022, 17:42
negara penghasil kopi terbesar di dunia
ANTARA FOTO/Iggoy El Fitra
Ilustrasi, petugas menunjukan biji kopi yang sudah mengalami proses roasting (dipanggang) di pengolahan Kopi Solok Radjo di Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kopi menjadi salah satu komoditas penting yang banyak diperdagangkan di dunia internasional. Biji kopi ini dihasilkan oleh berbagai negara yang sebagian besar berada di daerah tropis. Lantas, negara mana sajakah yang termasuk dalam kelompok negara penghasil kopi terbesar di dunia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Negara Produsen Kopi Terbesar di Dunia

Pada tahun 2020 lalu, Internation Coffe Organization melaporkan data negara yang memproduksi kopi terbesar di dunia. Negara mana saja yang masuk dalam daftar tersebut? Berikut daftarnya.

1. Brasil

Di posisi pertama ada Brasil sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia. negara yang berada di Benua Amerika ini mampu menghasilkan kopi hingga 63,4 juta karung berukuran 60 kilogram (kg) pada tahun 2020.

Advertisement

Luas perkebunan kopi di negara ini sekitar 27.000 kilometer persegi yang tersebar di Minas Gerais, Sao Paulo. Dan Parana. Yang membedakan Brasil dibandingkan penghasil kopi lainnya yaitu dari caranya mengolah kopi. Brasil biasanya mengeringkan kopi di bawah sinar matahari langsung tanpa dicuci, sehingga cita rasanya menjadi khas.

Selain menghasilkan kopi terbanyak, Brasil juga menduduki posisi pertama sebagai negara dengan konsumsi kopi terbanyak di dunia. Organisasi Kopi Internasional menyebutkan bahwa pada tahun 2015/2016 jumlah konsumsi kopi di negara ini sebanyak 20,5 juta karung berukuran 60 kg.

2. Vietnam

Vietnam menjadi negara penghasil kopi terbesar kedua. Negara menghasilkan kopi hingga 29 juta karung pada tahun 2020. Vietnam dikenal dengan biji kopi robustanya yang murah. Perlu diketahui bahwa, kopi jenis robusta ini mengandung kafein dua kali lebih banyak dibandingkan arabika. Jika Anda menyukai kopi dengan cita rasa pahit yang dominan, robusta bisa menjadi pilihan.

3. Kolombia

Negara penghasil kopi terbesar di dunia lainnya yaitu Kolombia. Kopi yang berhasil diproduksi negara ini mencapai 14,3 juta karung pada tahun 2020. Berbeda dengan Vietnam, Kolombia terkenal dengan biji arabikanya yang khas.

4. Indonesia

Nampaknya kita patut berbangga hati, pasalnya negara kita juga masuk dalam daftar negara penghasil kopi tersebar di dunia. Indonesia diketahui mampu menghasilkan kopi sebanyak 11,95 juta karung pada tahun 2020.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 lalu mencapai 774,60 ribu ton. BPS juga menyebutka bahwa Sumatra Selatan menjadi provinsi dengan produksi kopi terbesar sepanjang 2021. Jumlah kopi yang diproduksi provinsi ini mencpai 201,40 ribu ton.

Sama seperti Brasil, Indonesia juga termasuk konsumen kopi terbanyak di dunia. Jumlah konsumsi kopi di negara kita terus bertambah hingga periode 2018/2019. Tak tanya memproduksi dan mengonsumsi, Indonesia juga turut menjual kopi ke luar negeri.

Indonesia bahkan disebut sebagai negara pengekspor kopi terbesar. BPS mencatat beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor kopi Indonesia pada tahun 2021 antara lain Amerika Serikat, Mesir, Spanyol, Malaysia, dan Jepang.

5. Ethiopia

Ethiopia juga termasuk negara produsen kopi terbesar di dunia. Negara ini bisa memproduksi kopi hingga 7,37 juta karung. Di negara ini diketahui terdapat beragam varietas tanaman kopi yang bisa menghasilkan biji kopi dengan ciri khas yang berbeda-beda.

6. Honduras

Setelah Ethiopia, ada Honduras sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Pada tahun 2020 lalu, Honduras mampu menghasilkan 6,1 juta karung. Sebagian besar kopi dari negara ini dihasilkan di pegunungan kecil yang sering disebut “Fincas”. Daerah tersebut memiliki ketinggian sekitar 1400-1700 meter.

7. Uganda

Uganda diketahui mampu menghasil kopi sebanyak 6,1 juta karung pada tahun 2020. Angka tersebut membuat negara ini menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Banyaknya kopi yang dihasilkan negara ini salah satunya dipicu dari jumlah petani kopi yang ada di Uganda.

Organisasi Kopi Internasional menyebutkan bahwa jumlah petani kopi di Uganda pada tahun 2019 terbesar kedua setelah Ethiopia. Uganda diketahui memiliki populasi petani kopi mencapai 1,7 juta petani.

8. Meksiko

Negara penghasil kopi terbesar di dunia selanjutnya yaitu Meksiko. Negara ini mampu menghasilkan kopi selama tahun 2020 sebanyak 4 juta karung. Selain mampu memproduksi kopi dalam jumlah yang besar, Meksiko juga termasuk konsumen kopi terbanyak di dunia.

Organisasi Kopi Internasional pada tahun 2019 menyebutkan bahwa negara ini berada di posisi keempat setelah Filipina sebagai negara konsumen kopi terbanyak di dunia.

9. Peru

Di posisi ke sembilan ada Peru yang menjadi negara produsen kopi terbesar di dunia. Negara ini bisa menghasilkan kopi sebanyak 2,8 juta karung pada tahun 2020. Kopi di negara ini cukup bersaing dengan kopi dari negara-negara lain.

10. Guatemala

Di posisi terakhir ada Guatemala yang mampu menghasilkan kopi sebanyak 3,75 juta karung pada tahun 2020. Tanaman kopi di negara ini diketahui tumbuh subuh di wilayah dengan tanah vulkanik yang kelembapannya rendah, penyinaran matahari cukup, dan memiliki cuaca sejak saat malam hari.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait