7 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Stroke

Manfaat minum kopi diperoleh dari kandungan nutrisi di dalamnya yang berguna untuk kesehatan. Terlalu banyak minum kopi dapat menimbulkan efek samping.
Image title
15 Oktober 2021, 10:24
Manfaat minum kopi diperoleh dari kandungan nutrisi di dalamnya yang berguna untuk kesehatan.
Pexels/Chevanon Photography
Ilustrasi seseorang membuat latter art menggunakan kopi

Minum kopi mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang. Aromanya yang khas menjadi pilihan untuk minuman pagi hari. Kandungan kafein di dalamnya juga dapat mengatasi kantuk dan membuat tubuh merasa lebih energik.

Merujuk pada studi Sergi Ferré tahun 2008 dalam “Journal of Neurochemistry”, kafein diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan. Zat ini bekerja dengan menghalangi efek adenosin, yaitu zat kimia otak yang membuat Anda merasa lelah.

Pada saat yang sama, kafein juga memicu pelepasan adrenalin yang dapat meningkatkan energi. Oleh sebab itu, orang-orang memilih untuk minum kopi di pagi hari agar tetap terjaga dan berenergi untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Konsumsi kopi dapat membawa dampak baik bagi kesehatan. Berikut manfaat minum kopi untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Kopi dapat mempengaruhi mencegah kanker berkembang. Studi tahun 2011 dalam "International Journal of Cancer" menjelaskan, kopi dapat merangsang produksi asam empedu dan mempercepat pencernaan melalui usus besar.

Proses tersebut dapat menurunkan jumlah karsinogen (senyawa penyebab kanker) yang terpapar pada jaringan usus besar. Kandungan polifenol dalam kopi juga telah terbukti mencegah pertumbuhan sel kanker melalui penelitian pada hewan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian dalam “The American Journal of Clinical Nutrition” menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan berat badan. Kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh sebesar 3-11%.

Untuk menurunkan berat badan, gunakan kopi hitam, karena memiliki asam klorogenat yang dapat mempercepat penurunan berat badan. Zat tersebut juga dapat memperlambat produksi glukosa dalam tubuh. Akibatnya, produksi sel-sel lemak baru berkurang.

3. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Polifenol dan mineral, seperti magnesium dalam kopi dapat meningkatkan efektivitas metabolisme insulin dan glukosa dalam tubuh.

Hal tersebut dipublikasikan dalam “European Journal of Nutrition”. Hasil studi menerangkan bahwa terdapat 30% penurunan risiko diabetes tipe 2 pada orang yang minum kopi hingga 10 cangkir sehari dibandingkan orang yang hanya minum kurang dari satu cangkir.

4. Meningkatkan suasana hati

Manfaat minum kopi dapat terlihat dari peningkatan suasana hati. Berdasarkan publikasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang yang minum sekitar satu cangkir kopi setiap 4 jam mengalami peningkatan suasana hari yang berkelanjutan sepanjang hari.

Kafein dalam kopi bertindak sebagai stimulan sistem saraf pusat (SSP). Minum kopi membuat orang lebih waspada dan energik. Cara kafein bekerja adalah dengan menghalangi reseptor adenosin neurotransmiter sehingga meningkatkan rangsangan di otak.

5. Mengandung nutrisi esensial

Kopi mengandung nutrisi esensial yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari NutritionData, kandungan kopi per 237 gram meliputi:

  • Riboflavin (0.2mg).
  • Asam pantotenat (0.6mg).
  • Niasin (0.5mg).
  • Magnesium (7.1mg).
  • Kalium (116mg).
  • Kalsium (4.7mg).

Menurut Mayo Clinic, magnesium berperan penting dalam tubuh, seperti mendukung fungsi otot dan saraf serta produksi energi. Kadar magnesium yang rendah biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun, dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan osteoporosis.

Minum kopi dapat membantu untuk memenuhi asupan magnesium harian sehingga tubuh tetap sehat.

6. Menurunkan risiko stroke

Minum empat cangkir kopi atau lebih setiap hari dapat menurunkan risiko stroke sebesar 20% dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Hal tersebut diungkapkan dalam jurnal “Circulation”.

Antioksidan dalam kopi dapat mengurangi risiko stroke dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL. Menurut studi dalam “Journal of the American College of Cardiology”, kolesterol LDL yang tinggi pada masa muda dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 64%.

Tekanan darah sistolik dan diastolik yang tinggi juga berisiko mengakibatkan gagal jantung. Jika Anda memiliki kolesterol LDL tinggi, pilihlah metode penyeduhan yang menggunakan filter kopi.

7. Menjaga kesehatan organ hati

Minum kopi dalam jumlah sedang secara teratur dapat mencegah kanker hati. WHO mengkonfirmasi pernyataan ini setelah meninjau lebih dari 1.000 penelitian pada manusia. Kopi juga menurunkan risiko kondisi hati lainnya termasuk fibrosis (jaringan parut yang menumpuk di dalam hati) dan sirosis.

Minum kopi juga dapat memperlambat perkembangan penyakit hati pada beberapa pasien. Manfaat minum kopi diperoleh dari minum tiga hingga empat cangkir kopi per hari.

Efek Samping Minum Kopi Berlebihan

Kopi memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Merujuk pada publikasi dari Massachusetts General Hospital, asupan kopi yang dianjurkan adalah:

  • Dewasa usia 18 tahu ke atas: Empat cangkir kopi sehari (300-400 miligram kafein).
  • Remaja usia 18 tahun ke bawah: Satu cangkir kopi sehari (100 miligram kafein).

Dalam publikasi tersebut juga dijelaskan efek samping kafein akibat minum kopi sebagai berikut:

  • Kurang tidur atau insomnia (sulit tidur).
  • Kegelisahan.
  • Sakit kepala atau pusing.
  • Detak jantung cepat atau tidak normal (tidak biasa).
  • Dehidrasi.
  • Kecemasan.
  • Ketergantungan (ketika Anda harus minum lebih banyak kafein untuk merasakan efek yang sama).

Jika Anda mulai mengalami efek samping tersebut, mulailah mengurangi minum kopi secara perlahan. Berhenti secara tiba-tiba atau terlalu cepat, dapat mengakibatkan tidak enak badan.

Anda mungkin juga mengalami gejala kelelahan, sakit kepala, dan suasana hati yang tertekan saat mulai mengurangi minum kopi.

Demikian ragam manfaat kopi untuk kesehatan. Konsumsi dalam jumlah yang cukup dapat bermanfaat. Tetapi, jika berlebihan akan menimbulkan efek samping.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait