Apa itu UKT di Perguruan Tinggi Negeri? Ini Penjelasan Lengkapnya

Dwi Latifatul Fajri
31 Agustus 2022, 15:02
apa itu ukt
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.
Ilustrasi, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berunjuk rasa di depan kampus UNY, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (3/7/2020). Dalam unjuk rasa itu, mahasiswa menuntut pihak kampus memberikan pemotongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar 50%, serta adanya transparansi aliran dana UKT selama proses perkuliahan daring.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia memberlakukan biaya pendidikan untuk mahasiswa. Berdasarkan Permendikbud No. 55 Tahun 2013 pasal 1 ayat 3, menjelaskan setiap mahasiswa membayar UKT per semester.

Program UKT adalah sistem penentuan pembayaran mahasiswa di PTN. Sistem pembayaran ini dilakukan di awal semester. Sistem UKT menganut subsidi silang yaitu membayar sesuai kemampuan ekonomi mahasiswa.

Apa itu UKT?

UKT singkatan dari Uang Kuliah Tunggal yang menjadi sistem pembayaran di PTN. Pengertian UKT adalah biaya yang dikenakan setiap mahasiswa untuk proses pembelajaran. Besaran UKT ditetapkan oleh pemimpin PTN sesuai jalur penerimaan untuk program diploma dan sarjana.

Besaran UKT dibagi menjadi beberapa kelompok. UKT semakin tinggi disesuaikan dengan ekonomi orang tua mahasiswa.

Berikut pengelompokan UKT rendah:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...