Memahami Cara Memakai Sumpit yang Benar

Annisa Fianni Sisma
16 September 2022, 13:43
cara memakai sumpit
Pexel
Ilustrasi, makan menggunakan sumpit.

Banyak makanan asal negara Jepang atau Korea yang dimakan dengan sumpit. Bagi masyarakat pecinta makanan asal negara-negara tersebut, tentu perlu tahu cara memakai sumpit yang baik dan benar. Bagi yang masih bingung, berikut ini penjelasan sejarah sumpit, cara memakai sumpit dan aturan memakai sumpit.

Melansir dari nationalgeographic.co.id, terdapat varian sumpit yakni yang terbuat dari bambu, sumpit kayu, plastik, dan logam. Menurut Tsung Dao Lee, peraih Nobel di Bidang Fisika pada 1957, sumpit merupakan kepanjangan jari tangan manusia. Oleh karena itu, sumpit cocok digunakan sebagai daya ungkit.

Advertisement

Sumpit awalnya dari Tiongkok dan sudah digunakan sejak 5000 tahun SM. Dulunya, sumpit terbuat dari tulang binatang yang ditemukan di situs arkeologi Longqiuzhang, Gaoyu, Jiangsu. Kemudian dalam perkembangannya sumpit digunakan oleh penduduk Jepang, Korea, dan beberapa negara lainnya.

Cara Memakai Sumpit

Cara memakai sumpit yang benar tidaklah sulit. Berikut ini langkah-langkah cara memakai sumpit yang benar mengutip dari wikihow.com.

1. Jari Tengah dan Ibu Jari

Hal pokok dalam cara memakai sumpit adalah peleakkannya. Letakkan salah satu sumpit di antara jari telunjuk dan jempol. Perhatikan keseimbangannya dan tempelkan tengahnya pada jari manis. Cara ini berfungsi agar sumpit dapat digerakkan dengan mudah. Jari manis akan menjadi tumpuan dan jempol yang akan menjadi pengarah. Genggam sumpit dengan baik agar tidak terjatuh.

2. Jari Telunjuk dan Ibu Jari

Letakkan sumpit kedua antara jari telunjuk dan jempol. Kemudian tempelkan tengahnya pada jari tengah. Cara ini memudahkan menjepit makanan. Jari jempol akan mengarahkan sumpit dan jari tengah akan menguatkannya. Pastikan kedua ujung sumpit bertemu agar dapat menjepit satu sama lain.

3. Buka dan Tutup Sumpit

Tahap ini, coba gerakkan sumpit membuka dan menutup. Gerakkan jempol, jari telunjuk, dan jari tengah untuk memperkuat jepitan sumpit dan memperkuat sumpit kedua. Jangan sampai sumpit berbentuk X karena ini merupakan tanda sumpit tidak kencang dan posisinya salah.

4. Buka Sumpit dan Dekatkan ke Makanan

Gerakkan jari tengah untuk menjauhkan sumpit satunya. Cara ini diperlukan saat membuka capitan saat ingin mengambil makanan. Jika hanya bagian atasnya saja yang bergerak, berarti cara memakai sumpit sudah benar.

5. Capit Makanan

Kini, coba gerakkan sempit menjepit makanan. Gunakan jari tengah juga untuk mendekatkan kedua sumpit. Cara ini dipakai untuk menjepit makanan yang ingin diambil. Hal yang perlu diingat adalah, sumpit yang bergerak hanya bagian atasnya.

6. Masukkan Makanan ke Mulut

Memasukkan makanan ke dalam mulut dapat sedikit berisiko saat menggunakan sumpit. Bisa jadi makanan terjatuh karena sumpit yang kurang kencang atau sumpit yang tiba-tiba berbelok. Oleh karena itu, sejak awal mengambil makanan, pastikan makanan tercengkram dengan tepat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement