7 Makanan Sehat untuk Jantung yang Penting Dikonsumsi

Image title
16 Juni 2022, 09:45
Ilustrasi, makanan sehat untuk jantung
Unsplash/Dan Gold
Ilustrasi, makanan sehat untuk jantung

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang penting dilakukan. Jantung adalah organ utama sistem peredaran darah. Letaknya tepat di belakang dan sedikit ke kiri di balik tulang dada. Tugas utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh, mengontrol detak jantung, dan mempertahankan tekanan darah yang normal. Oleh sebab itu, kesehatan jantung perlu dijaga, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung.

Konsumsi makanan sehat dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner, menghentikan kenaikan berat badan, serta mengurangi risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Makanan sehat untuk jantung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL/low-density lipoprotein) dan trigliserida dalam darah, serta membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL/high-density lipoprotein).

Advertisement

Berdasarkan National Cholesterol Education Program (NCEP) Amerika Serikat, ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk di dinding arteri. Seiring waktu, penumpukan menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah menjadi sempit dan aliran darah ke jantung melambat atau tersumbat.

Kadar kolesterol sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari serta gaya hidup. Makanan yang banyak mengandung garam, gula, dan lemak tidak sehat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, gaya hidup seperti tidak berolahraga, kelebihan berat badan, merokok dan minum alkohol juga berpengaruh pada kesehatan jantung.

Mencegah kadar kolesterol tinggi dapat dimulai dengan perbaikan pola makan dan gaya hidup. Mulai konsumsi makanan dan minuman sehat sejak dini dapat membantu kesehatan jantung. Sebagai rekomendasi, simak daftar makanan sehat untuk jantung berikut ini.

Makanan Sehat untuk Jantung

Makanan sehat untuk jantung dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida. Berikut rekomendasinya.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung nutrisi, vitamin dan mineral, terutama jenis vitamin B yang disebut folat yang berguna untuk pencegahan penyakit jantung. Berdasarkan studi dalam jurnal JRSM Cardiovascular Disease, meningkatkan asupan sayuran hijau mampu mengurangi insiden penyakit kardiovaskular sebesar 15,8%.

Sayuran hijau juga kaya akan vitamin K dan nitrat yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi arteri. Vitamin K baik untuk jantung karena dapat menurunkan insiden penyakit arteri koroner. Sayuran hijau yang baik untuk jantung meliputi kangkung, bayam, brokoli, dan pakcoy.

2. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan makanan sehat untuk jantung yang dapat diolah dengan berbagai cara. Salmon mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. American Heart Association menyarankan makan salmon dan makanan kaya omega-3 lainnya dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung. Selain salmon, jenis ikan lain yang baik untuk jantung termasuk ikan tuna, sarden, dan kod.

3. Beras merah

Nutrisi dalam beras merah membantu menjaga kesehatan jantung. Beras merah adalah sumber serat makanan yang baik dan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Beras merah juga mengandung lebih banyak magnesium dan vitamin B dibandingkan dengan beras putih, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement