7 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Terhapus

Annisa Fianni Sisma
7 Oktober 2022, 17:54
cara melihat pesan wa yang sudah terhapus
pixabay.com/LoboStudioHamburg
Ilustrasi, logo aplikasi WhatsApp di smartphone.

WhatsApp (WA) merupakan aplikasi percakapan yang telah menjadi kebutuhan sehari-hari saat ini. Penggunaannya yang mudah serta responsif membuat banyak orang nyaman menggunakan WA. Salah satu fitur yang membuat orang mencari cara melihat pesan WA yang sudah terhapus, adalah pengurungan pesan.

Berbagai kalangan telah menggunakan WA sebagai sarana komunikasi. Ini karena penggunaannya yang cepat dan mudah dipahami membuat aplikasi ini bertahan eksistensinya.

Saat menggunakan WA, terkadang, orang akan salah mengirimkan pesan ke orang lain. Permasalahan seperti itu saat ini bukan lagi menjadi masalah besar. WhatsApp telah memberikan inovasi yang relevan.

Berdasarkan permasalahan di atas, tentu menarik jika membahas cara melihat pesan WA yang sudah terhapus. Pesan WhatsApp yang sudah terhapus terkadang masih dapat dilihat kembali dengan mudah.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Terhapus

Seperti telah disebutkan, saat ini WA telah menyediakan fitur untuk melihat pesan yang terhapus, yakni menggunakan fitur "Tombol Reply".  Fitur ini hanya perlu membuka kolom chat.

Setelah pesan yang dikirim terhapus, klik kolom chat tersebut sedikit lama. Setelah itu, tekan reply dan pesan yang terhapus akan terbaca pada kolom reply.

Meski demikian, tentu fitur ini sedikit banyak belum tentu menjawab kebutuhan pengguna WhatsApp, yang ingin melihat pesan-pesan yang sudah terhapus pada kolom chat. Untuk mengatasinya, kini sudah banyak aplikasi yang dikeluarkan pihak ketiga untuk diterapkan pada aplikasi WhatsApp.

Adapun, aplikasi-aplikasi tersebut, antara lain sebagai berikut:

1. WhatsRemoved+

Aplikasi WhatsRemoved+ menjadi salah satu cara melihat pesan WA yang sudah terhapus. Aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah di Google Play Store.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, pilih aplikasi yang dapat diakses oleh WhatsRemoved+. Pilihlah aplikasi WhatsApp. Setelah berproses selama beberapa menit, fiturnya akan memberikan pengguna kemudahan. Aktifkan fitur pengaturan dan pengguna pun dapat melihat pesan WA yang sudah terhapus.

2. WAMR

Aplikasi WAMR merupakan aplikasi yang membantu melihat pesan WA yang sudah terhapus. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi WAMR di Google PlayStore dan kemudian membuat akun.

Setelah itu, baca dan setujui syarat penggunaan sebagai salah satu langkah cara melihat pesan WA yang sudah terhapus. Centang opsi WhatsApp pada bagian select apps to monitor.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...