7 Cara Lolos Survey KUR BRI dan Tips Agar Pengajuan Disetujui

Anggi Mardiana
31 Oktober 2022, 11:27
7 cara lolos Survey KUR BRI
Katadata
Ilustrasi, persetujuan pengajuan pinjaman.

Memulai suatu usaha jelas membutuhkan modal yang besar. Untungnya, sejak 5 November 2007 pemerintah meluncurkan program kredit usaha rakyat (KUR), untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penyalurannya dilakukan melalui lembaga keuangan yang ditunjuk, salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Oleh karena itu, penting bagi pelaku UMKM untuk mengetahui cara lolos survey KUR BRI.

Mengutip kur.ekon.go.id, KUR adalah program pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM, di mana penyalurannya dilakukan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan.

Tujuan dari program KUR, adalah untuk memperkuat modal usaha bagi pelaku UMKM. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, pemerintah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2002 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan pemberdayaan UMKM.

Sekilas tentang KUR

Ada sejumlah hal yang perlu diketahui terkait KUR, antara lain:

1. Suku Bunga

Besarnya suku bunga KUR ialah 6% per tahun atau sama dengan suku bunga flat. Adapun jangka waktunya ialah 3-5 tahun bergantung kelompok KUR BRI.

2. Sumber Dana KUR

Berasal dari lembaga keuangan penyalur KUR atau perbankan. Dana yang dikeluarkan bisa berupa keperluan modal kerja serta investasi.

3. Penerima KUR

Penerima Kredit Usaha Rakyat ialah individu atau perseorangan. Baik sendiri maupun kelompok usaha atau badan usaha yang melakukan usaha secara produktif.

4. Tujuan KUR

Secara umum, KUR memiliki tiga tujuan. Pertama, dalam rangka meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan terhadap usaha produktif. Kedua, meningkatkan daya saing usaha mikro kecil dan menengah. Ketiga, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Cara Lolos Survey KUR BRI

Melansir dari beberapa sumber yang kami rangkum, ada beberapa cara lolos survey pengajuan kredit tersebut, berikut di antaranya:

1. Pastikan Memiliki Izin Usaha

Memiliki izin usaha menandakan bisnis yang sedang Anda bangun ilegal. Selain itu, dengan adanya surat izin usaha maka bisa membangun kepercayaan publik terhadap usaha yang sedang dijalankan. Hal ini sejalan dengan ketentuan pengajuan KUR BRI di website resminya agar disetujui.

2. Memiliki Laporan Keuangan Rapi

Cara lolos Survey KUR BRI selanjutnya ialah memiliki laporan keuangan yang rapi. Sebab laporan keuangan dijadikan sebagai dokumen pendukung untuk menambah poin akuntabilitas dalam mengelola dana KUR. Untuk menyusun laporan keuangan dengan rapi bisa menggunakan aplikasi pencatat keuangan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...