Empat Rekomendasi Film India Kerajaan yang Kaya Cerita Sejarah

Dengan kekayaan sejarah dan budaya, industri perfilman India juga menyuguhkan film-film yang kaya nuansa sejarah. Berikut ini beberpa film India kerajaan yang kaya akan cerita sejarah.
Image title
4 November 2022, 13:51
Film India Kerajaan
IMDB
Ilustrasi, poster film Padmaavat.

Industri film India sudah berkembang sejak puluhan tahun lalu. Popularitasnya menjamah banyak negara, termasuk Indonesia. Sejak awal tahun 2000-an sudah banyak stasiun televisi yang menayangkan film atau serial India.

Film yang ditayangkan umumnya berlatar di India. Kita bisa melihat gambaran lingkungan kehidupan di negara Bharata tersebut. Meski cenderung autentik dan kental akan budaya setempat, cerita yang disajikan juga tak kalah menarik.

Hal tersebut juga ditunjang oleh akting para bintang Bollywood yang ciamik. Perlu diketahui bahwa Bollywood merupakan sebutan tidak resmi untuk industri film India.

Ulasan berikut ini, akan memberikan rekomendasi film India kerajaan yang bisa dijadikan tontonan. Mengutip Bacaterus, berikut ini ulasannya.

Advertisement

Film India Kerajaan

1. Baahubali: The Beginning (2015)

Film India kerajaan satu ini memiliki dua musim. The Beginning merupakan yang pertama. Film ini disutradarai oleh S. S. Rajamouli dan berhasil digarap Arka Mediaworks. Adapun aktor yang turut membintangi di antaranya adalah Prabhas, Rana Daggubati dan Ramya Krishnan.

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda bersama Shiva yang jatuh hati kepada seorang gadis bernama Avanthika. Hal itu membuat hidupnya banyak berubah. Tidak seindah yang dibayangkan, hal buruk datang ketika krisis melanda kerajaan Mahishmati yang kala itu dirajai oleh Bhallaladeva.

Diketahui bahwa krisis dan protes ditimbulkan karena ketidakpuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Bhallaladeva. Film ini banyak menggambarkan perebutan warisan dan konflik keluarga kerajaan.

2. Tanhaji: The Unsung Warrior (2020)

Tanhaji disutradarai oleh Om Raut dan diproduksi T-Series Films bersama Ajay Debgn FFilms. Beraliran sejarah dan peperangan, film ini dibintangi oleh Ajay Devgn, Saif Ali Khan, Kajol dan Neha Sharma. Film ini berlatar tahun 1700-an yang menceritakan kehidupan Tanaji Malusare yang ingin merebut kembali Benteng Kondhana setelah sebelumnya dikendalikan oleh Mughal Aurangzeb.

Tanaji Malusare menyerang Uday Bhan yang merupakan pengawal kepercayaan Mughal Aurangzeb. Meski begitu, Bentang Kondhana belum bisa direbut kembali. Setelah itu, terjadi pertempuran yang sebenarnya. Dilakukan pengintaian terhadap Benteng Kondhana. Tanhaji bersama saudara dan pamannya memanjat benteng.

Pertempuran dimulai dengan Uday Bhan yang menghancurkan Maratha. Benar saja, setelah itu terjadi perlawanan dari Tanhaji. Akhirnya Tanhaji berhasil menaklukan Uday Bhan dan Naagin. Tak lama setelah itu, Tanhaji menuju Benteng Kondhana. Dengan haru, Tanjahi meninggal sesaat setelah itu.

3. Asoka (2001)

Film India kerajaan satu ini dibintangi oleh aktor kenamaan, Shah Rukh Khan. Dirinya beradu akting dengan Ajith Kumar, Kareena Kapoor, Danny Denzongpa dan Hrishitaa Bhatt. Asoka diproduksi oleh Arc Lights & Films dan Dreamz Unlimited bersama sutradara Santosh Sivan. Asoka bercerita tentang jenderal bernama Kaisar Ashoka yang tinggal di Taxila.

Diketahui bahwa Ashoka dilimpahkan kekuasaan karena dirinya adalah pangeran dari kerajaan Magadha. Tak semulus yang dibayangkan, terjadi konflik antar pangeran yang membuat Ashoka diperintahkan oleh pergi dari kerajaan oleh Ibunya. Ashoka hidup di alam liar bersama Pawan dan juga bertemu dengan gadis bernama Kaurwaki.

Diketahui bahwa Kaurwaki merupakan Putri Kalingga yang juga melarikan diri karena ancaman akibat perebutan kekuasaan. Perdana menteri menghabisi kedua orang tua Kaurwaki dan menduduki takhta.

Seiring berjalannya waktu, Ashoka dan Kaurwaki jatuh cinta dan menikah secara diam-diam. Naasnya, Kaurwaki terbunuh ketika Ashoka tidak ada di sampingnya. Sakit hati, Ashoka ingin bunuh diri namun niat tersebut dihalangi oleh Virat yang menyelamatkannya.

4. Padmaavat (2018)

Film India kerajaan ini menceritakan tentang putri mahkota bernama Padmavati yang cantik, pintar dan lihai dalam berburu. Suatu waktu, Padmavati bertemu dengan Maharawal Ratan Singh yang merupakan raja Rajput yang berkunjung ke Singhal dengan niat membeli mutiara untuk sang Istri.

Padmavati bertemu dan tak sengaja melukai Ratan saat berburu rusa di hutan. Atas rasa bersalahnya, Padmavati memutuskan untuk merawat Ratan selama beberapa hari. Benar saja, keduanya menaruh hati satu sama sama lain. Tak lama setelah itu, Ratan memutuskan melamar Padmavati meskipun sudah beristri. Ratan membawa Padmavati ke istana Mewar.

Hal rumit terjadi ketika guru spiritual Ratan yang bernama Raghav Chetan jatuh hati Padmavati. Sialnya, hal tersebut diketahui Ratan dan menimbulkan amarah hingga akhirnya Raghav dihukum dan mengasingkannya dari Mewar.

Raghav tidak terima dan bertekad untuk menghancurkan Ratan. Salah satu strateginya adalah bekerjasama dengan Alauddin yang memiliki ambisi menjadi Raja Delhi. Alauddin merupakan pribadi yang serakah, kejam dan gila akan wanita.

Dalam pertemuannya, Raghav banyak bercerita tentang Padmavati. Hal tersebut membuat Alauddin penasaran dan jatuh hati kepada Padmavati.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait