Menilik 8 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Annisa Fianni Sisma
10 November 2022, 10:35
makanan yang tidak boleh dimakan kelinci
PEXEL
Ilustrasi, kelinci sedang makan pelet.

Kelinci merupakan hewan menggemaskan yang menarik untuk dipelihara. Dalam memelihara kelinci, pemilik harus mengetahui makanan yang bernutrisi bagi kelinci maupun makanan yang tidak boleh dimakan kelinci. Pasalnya, tidak semua makanan termasuk semua sayuran baik untuk dikonsumsi oleh kelinci.

Kelinci adalah hewan yang termasuk dalam kategori herbivora atau pemakan tumbuhan. Namun tidak semua tumbuhan baik dan bernutrisi bagi kelinci. Makanan-makanan yang baik untuk kelinci misalnya adalah wortel, kale, dan lain sebagainya.

Advertisement

Berkaitan dengan hal tersebut, maka penting memahami makanan yang tidak boleh dimakan kelinci. Berikut ini beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan kelinci selengkapnya.

1. Makanan yang Mengandung Terlalu Banyak Air

Makanan yang tidak boleh dimakan kelinci pertama adalah makanan yang terlalu banyak air. Pasalnya, kelinci akan menjadi kembung dan mati. Bahkan peternak menyarankan untuk mengeringkan makanan tersebut agar tidak terlalu berair.

2. Makanan yang Teksturnya Berduri

Jenis makanan yang tidak boleh dimakan kelinci berikutnya adalah makanan yang berduri. Makanan ini dapat melukai mulut kelinci atau bahkan bagian dalam tubuh kelinci. Rumput atau tumbuhan yang berbahaya bagi kelinci contohnya rumput gajah dan lain sebagainya.

3. Biji Buah-Buahan

Makanan yang tidak boleh dimakan kelinci berikutnya adalah biji buah. Biji buah seperti buah apel mengandung sianida. Meskipun persentasenya sedikit, sianida ini dapat sangat berbahaya bagi kelinci. Jika ingin memberikan kelinci buah-buahan, maka sebaiknya pemilik memisahkan buah tersebut dari bijinya.

4. Sayur Berbahaya Bagi Kelinci

Makanan yang tidak boleh dimakan kelinci selanjutnya adalah sayur yang berbahaya. Berikut ini sayur-sayur yang justru berbahaya bagi kelinci:

  • Selada Iceberg

Selada adalah makanan yang baik dan bernutrisi bagi kelinci. Namun, tidak semua selada baik untuk kelinci. Salah satu jenis selada yang justru berbahaya bagi kelinci adalah selada iceberg. Di dalam selada iceberg, terdapat lactucarium yang dapat menyebabkan diare dan menurunnya stamina kelinci. Kelinci pun akan menderita diare dan membuat badannya semakin lemas.

  • Rhubarb

Rhubarb juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan kelinci. Pasalnya, rhubarb menyerap kalsium dalam kelinci dan menyebabkan reaksi kesehatan lainnya. Rhubarb yang dikonsumsi oleh kelinci dapat menyebabkan diare, kehilangan energi, dehidrasi yang sangat buruk, dan perut kembung. Jika kelinci terlanjur memakan rhubarb, maka segera bawa ke dokter hewan terdekat.

  • Bawang-bawangan

Sayur berupa bawang juga merupakan makanan yang tidak boleh dimakan kelinci. Makanan tersebut meliputi bawang bombai, bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan lain sebagainya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement