Memahami 6 Jenis Makanan Landak Mini

Annisa Fianni Sisma
11 November 2022, 15:08
MAKANAN LANDAK MINI
PEXEL
Ilustrasi Landak Makan

Landak adalah hewan yang sangat menarik dipelihara. Pemilik landak, harus mengetahui makanan landak mini yang menyehatkan dan bernutrisi baginya. Sebelum membahas terkait karakteristik landak dan makanan landak mini yang baik untuknya, terdapat fakta menarik terkait penamaan landak. Dalam bahasa Inggris, landak berarti hedgehog.

Hedge adalah tempat landak membangun sarangnya yang ada di semak belukar, sementara hog adalah suara endusan yang dibuat oleh landak. Suara ini dianggap mirip dengan babi hutan. Oleh karena itu, landak disebut hedgehog dalam bahasa Inggris.

Berkaitan dengan karakteristiknya, landak memiliki karakteristik yang menarik. alat pelindung diri landak adalah durinya. Landak memiliki tangan dan kaki yang kecil. Wajahnya kecil dan cenderung kerucut.

Landak termasuk hewan nokturnal. Ia akan tidur sepanjang hari dan aktif pada malam hari. Selain itu, karakteristik lain dari landak adalah kemampuannya hibernasi. Landak dapat hibernasi dan membuatnya menjadi salah satu dari tiga mamalia yang berhibernasi di Inggris. Selama hibernasi, ia akan bersembunyi selama musim dingin.

Moncong pada landak ternyata memiliki kegunaan. Karakteristik landak dengan moncong kerucutnya ini membantunya mengonsumsi makanan dengan mudah. Moncongnya juga memudahkannya berburu.

Makanan Landak Mini

Landak mini yang dapat dipelihara hadir dalam berbagai jenis. Jenis landak mini tersebut, antara lain Landak Mini Apricot, Landak Mini Cinnamon, Landak Mini Salt and Pepper, Landak Mini Cinnicot, Landak Mini Algerian, Landak Mini Platinum, Landak Mini Pinto, Landak Mini Champagne, Landak Mini Snowflake, Landak Mini Albino, dan lain sebagainya.

Jika memelihara landak, maka pemilik harus mengetahui makanan landak mini. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait makanan yang bernutrisi untuk landak, berikut ini makanan landak mini selengkapnya.

1. Makanan Kering Kucing

Makanan yang dapat menjadi pilihan makanan landak mini adalah makanan kering kelinci. Melansir dari halodoc.com, makanan kucing memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang bagus untuk kesehatan tulang dan ginjal landak.

2. Ayam Matang

Makanan landak mini berikutnya yakni ayam yang sudah matang. Ayam yang telah matang ini sebaiknya diberikan kepada landak tanpa bumbu atau minyak. Jangan berikan kulit ayam pada landak. Pisahkan kulit landak dengan dagingnya.

3. Serangga Kecil

Makanan landak mini yang pokok adalah serangga. Namun, pemilik harus memperhatikan bahwa makanan serangga ini tidak boleh diberikan secara terus menerus. Pasalnya, landak dapat mengalami obesitas.

Serangga yang dapat dikonsumsi adalah ulat. Ulat memiliki fosfor dan kalium tetapi jumlahnya tidak boleh terlalu banyak. Serangga lain yang dapat menjadi makanan landak mini adalah jangkrik.

Jika landak mengonsumsi ulat terlalu banyak, maka kandungan fosfor pun akan tinggi. Masalah berupa penyakit seperti ginjal dan jantung pun dapat terjadi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement