Mencermati 5 Manfaat Semangka bagi Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil sebaiknya perlu mengonsumsi buah semangka karena mengandung nutrisi yang baik untuk ibu dan janin. Berikut lima manfaat semangka bagi kesehatan ibu hamil.
Image title
24 November 2022, 16:01
Manfaat Semangka bagi Kesehatan Ibu Hamil
Unsplash
Ilustrasi, buah semangka.

Selama masa kehamilan, apapun yang dikonsumsi sang ibu tentunya juga akan beerpengaruh bagi perkembangan janin. Oleh karena itu, ibu hamil perlu menjaga asupan makan yang dikonsumsi setiap harinya. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumi buah seperti semangka. Tidak hanya menyegarkan, buah ini juga yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C, A, B5, potasium, dan  tembaga yang diperlukan oleh ibu hamil. 

Lantas, apa saja manfaat buah semangka untuk ibu hamil? Berikut penjelasan mengenai lima manfaat semangka bagi kesehatan ibu hamil di bawah ini. 

1. Dapat Mengurangi Risiko Preeklamsia

Mengkonsumsi buah semangka selama masa kehamilan ternyata dapat mengurangi risiko preeklamsia. Dikutip dari National Institute of Child Health and Human Development, preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan yang meningkat, dan hilangnya protein dalam urin. 

Advertisement

Kondisi ini merupakan kondisi yang sangat serius dan bahkan bisa menyebabkan kelahiran prematur  bayi lahir prematur. Oleh karena itulah, ibu hamil disarankan untuk makan buah semangka. Hal ini dikarenakan semangka kaya akan likopen yang merupakan senyawa yang memberi pigmen merah pada buah ini.

Menurut penelitian di jurnal International Journal of Gynecology & Obstetrics, konsumi 4 mg likopen per hari atau sekitar 60% likopen yang ditemukan dalam 1 cangkir (152 gram) dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia hingga 50%.

Tidak hanya likopen, buah semangka juga mengandung citrulline yang mampu menurunkan tekanan darah. Ketika kandungan ini masuk ke tubuh, maka nantinya akn diubah arginine.

Kemudian, kedua senyawa ini bekerja dengan cara melemaskan dan melebarkan pembuluh darah sehingga tensi pun menurun. Hal inl jugalah yang dapat membantu mengurangi risiko preeklampsia. 

2. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Komplikasi kehamilan merupakan salah satu kondisi yang ditakuti oleh ibu hamil. Pada umumnya, ibu hamil yang terkena komplikasi akan mengalami keguguran, preeklamsia, atau kelahiran prematur.

Namun dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan antioksidan seperti semangka,hal ini dapat dihindari. Buah semangka sendiri mengandung dua antioksidan yang sangat baik bagi tubuh yaitu lutein dan lycopene.

Menurut riset yang dilakukan oleh Warsaw University of Life Science, dengan mengonsumsi 1 cangkir semangka maka 60% kebutuhan lycopene harian telah terpenuhi. 

Selain itu, riset ini juga membuktikan bahwa keuda kandungan antioksidan pada buah ii efektif menurunkan resiko terjadinya preeklamsia pada ibu hamil

3. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan buah semangka kaya akan kalium yang merupakan salah satu jenis mineral dan elektrolit. 

Kalium sendiri sangat diperlukan oleh ibu hamil karena berperan dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat. Jika ibu hamil kekurangan kalium, maka dapat mengakibatkan kaki mengalami kram, lemas, dan irama jantung terganggu.

Untuk mencegah hal ini terjadi, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kalium sebanyak 4.700 mg per hari. 

Selain kalium, buha semoga  juga mengandung  kandungan asam amino citrulline yang tinggi. Kndungan ini paling banyak terdapat pada kulit putih yang mengelilingi semangka.

Nantinya, citrulline yang telah masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi asam amino esensial arginine. Citrulline dan arginine ini dapat membantu  menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah. 

4. Mencegah Anemia

Selama masa kehamilan, calon ibu membutuhkan zat besi agar terhindar dari resiko anemia.  Menurut American Pregnancy Association (APA), buah semangka merupakan sumber zat besi yang baik untuk ibu hamil,

Tidak hanya mencegah anemia, mengkonsumsi buah ini juga dapat membantu ibu memberikan asupan nutrisi yang cukup kepada janin. Walaupun begitu, kandungan zat besi pada buah ini biasanya lebih sulit diserap oleh tubuh.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk makan buah ini berbarengan dengan makanan sumber vitamin C, seperti jeruk atau jambu biji. Dengan demikian, ibu hamil masih tetap mendapatkan manfaat optimal dari buah semangka. Selain itu, vitamin c juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi.

Ibu hamil juga disarankan untuk  makan semangka bersama dengan sumber zat besi yang berasal dari hewan, misalnya hati sapi. Dengan mengkombinasikan kedua makanan in, ibu hamil dapat mencegah resiko terjadinya anemia.

5. Mencukupi Kebutuhan Cairan Harian

Selama kehamilan, calon ibu membutuhkan lebih banyak cairan untuk mendukung sirkulasi darah yang optimal, ingat cairan ketuban, dan volume darah yang tinggi. Namun, menurut studi di Cardiovascular Journal of Africa, hal ini akan membuat pencernaan cenderung melambat.

Nantinya, kombinasi kedua perubahan ini akan membuat ibu hamil lebih berisiko mengalami dehidrasi Bahkan dapat juga meningkatkan risiko sembelit atau wasir selama kehamilan.

Ibu hamil yang kekurangan cairan tentunya akan berdampak pada janin  yang dikandungnya dimana bisa terjadi pertumbuhan janin yang buruk. Selain itu, dapat terjadi pula risiko kelahiran prematur dan cacat lahir yang lebih tinggi

Untuk mencegah hal ini, ibu hamil disarankan mengkonsumsi semangka yang kaya akan kandungan air sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan dan lebih baik. Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah ini juga dapat membantu mengurangi risko sembelit, wasir, dan komplikasi kehamilan. 

Demikian informasi lima manfaat semangak bagi kesehatan ibu hamil. Namun, ibu hamil sebaiknya tidak makan buah ini secara berlebihan agar tidak mengalami diabetes gestasional (diabetes yang hanya terjadi selama hamil) dan masalah pencernaan. 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait