5 Makanan untuk Meningkatkan Mood agar Lebih Bahagia

Destiara Anggita Putri
21 Desember 2022, 09:00
Makanan untuk Meningkatkan Mood
Unsplash
Ilustrasi, makanan untuk meningkatkan mood.

Ada kalanya suasana hati atau mood Anda berubah karena suatu masalah atau kejadian. Ketika hal ini terjadi sebagian orang cenderung mengkonsumsi makan yang tidak sehat seperti keripik kentang, permen, dan makan manis. Namun hal ini justru dapat memperburuk suasana hari.

Jika sedang bad mood, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti serat, probiotik, mineral, dan asam lemak omega-3. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat memperbaiki suasana hati yang buruk.

Advertisement

Lalu, apa saja makan tersebut? Berikut ini informasi mengenai lima makanan untuk meningkatkan mood yang dapat Anda konsumsi.

1. Dark Chocolate

Makanan pertama yang dapat membantu meningkatkan mood adalah dark chocolate atau coklat hitam. Hal ini dikarenakan coklat hitam mengandung banyak flavonoid.

Berdasarkan sebuah studi dari Nutrition Reviews, flavonoid dapat meningkatkan kesehatan. Kandungan ini terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan otak yang semuanya dapat berpengaruh terhadap peningkatan mood.

Coklat juga mengandung banyak senyawa peningkat mood. Salah satunya adalah gula yang merupakan sumber bahan bakar yang cepat untuk otak sehingga bisa meningkatkan mood.

Kandungan gula ini juga dapat melepaskan serangkain senyawa perasaan baik seperti kafein, theobromine, dan N-acyl ethanolamine. Namun  masih ada perdebatan apakah coklat mengandung cukup senyawa untuk memicu respon psikologis. 

Coklat hitam memiliki rasa, tekstur, dan bau yang menyenangkan yang dapat meningkatkan mood. Tidak hanya itu,coklat hitam juga lebih baik jika dibandingkan dengan coklat susu karena mengandung gula dan lemak yang lebih rendah. .

Melihat manfaatnya ini, tidak ada salahnya untuk menjadikan coklat hitam sebagai camilan. Walaupun begitu, Anda sebaiknya tetap membatasi konsumsinya karena coklat hitam mengandung kalori yang tinggi. 

2. Pisang

Makanan berikutnya adalah pisang yang juga bisa membantu meningkatkan mood. Tentunya pisang yang dikonsumsi adalah pisang yang asli dan bukan olahan seperti pisang goreng atau pisang. 

Dilansir dari Journal of Inherited Metabolic Disease, pisang kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan dopamin dan serotonin. 

Serotonin merupakan zat kimia di otak yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki mood. Oleh karena itu, zat ini sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi depresi, insomnia, dan gangguan kecemasan.

Selain itu, pada satu buah pisang besar mengandung 16 gram gula dan 3,5 gram serat. Kandungan serat ini memungkinkan  kadar gula tetap stabil dan mengontrol mood atau suasana hati yang lebih baik

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement