5 Cara Melatih Public Speaking di Rumah untuk Pemula

Image title
23 Desember 2022, 15:34
Cara Melatih Public Speaking
Unsplash
Ilustrasi, seorang perempuan berlatih public speaking di depan cermin.

Cara melatih public speaking penting diketahui agar tidak gugup ketika berbicara di depan banyak orang. Rasa gugup atau ragu kerap dirasakan ketika berbicara di depan umum. Usahakan sering berlatih aga bisa melakukan public speaking dengan baik.

Tanpa didukung dengan kemampuan komunikasi yang terasah, sesi presentasi bisa membosankan dan tidak menarik. Padahal presentasi merupakan agenda penting yang sering dilakukan dalam pekerjaan profesional.

Tips Public Speaking agar Menarik saat Berbicara di Depan Umum

Sebelum membahas cara melatih public speaking, bagi Anda yang masih pemula, berikut tips public speaking agar menarik melansir dari Disnakertrans.ntbprov.go.id:

Tips public speaking
Tips public speaking (fisip.umsu.ac.id)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Menulis Poin-poin Materi

Melatih public speaking agar lebih menarik ialah dengan menulis poin-poin materi terlebih dahulu, buatlah materi secara lengkap. Presentasi tidak akan berjalan lancar tanpa pemahaman baik seputar materi yang akan dibawakan. Maka dari itu baca materi dan pahami terlebih dahulu.

2. Memahami Siapa Audiensnya

Tips selanjutnya yaitu memahami siapa audiens yang akan hadir. Pengetahuan mengenai audiens yang akan hadir memudahkan Anda dalam menentukan sapaan, gaya bahasa hingga media presentasi yang tepat untuk digunakan.

3. Latihan Terlebih Dahulu

Setelah menyiapkan materi dan mengetahui siapa audiensnya, Anda bisa mulai melatih public speaking di rumah yaitu dengan latihan di depan kaca atau meminta bantuan teman serta keluarga sebagai penonton. Tanyakan pada mereka apa kekurangan kita saat melakukan presentasi.

4. Menggunakan Bahasa Tubuh

Melatih public speaking tidak hanya mengandalkan kemampuan bicara saja tetapi memperhatikan bahasa tubuh juga sama pentingnya. Perhatikanlah gerak-gerik kita ketika melakukan presentasi, pastikan gerakan tubuh sejalan dengan kata yang diucapkan.

5. Jangan Takut Salah

Sebelum melakukan presentasi terkadang kita dibayangi dengan rasa takut salah ucap. Namun untuk melatih public speaking, hal tersebut justru membuat kita tidak leluasa saat berbicara. Sebaliknya saat presentasi, jangan memikirkan kesalahan yang kita lakukan karena salah pengucapan merupakan hal wajar.

Cara Melatih Public Speaking di Rumah

Ada beberapa cara melatih public speaking di rumah yang bisa Anda coba, berikut di antaranya:

Cara melatih public speaking
Cara melatih public speaking (Youtube EnglishAnyone)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Berbicara Menghadap Dinding

Rasa takut menghadapi banyak orang merupakan hal yang wajar dirasakan oleh seseorang ketika melakukan public speaking. Untuk mengatasi ketakutan ini, Anda bisa mulai berlatih berbicara menghadap dinding.

Latih intonasi dan postur tubuh terlebih dahulu tanpa merasa malu karena yang Anda hadapi merupakan tembok kosong. Silahkan ekspresikan diri dengan bebas tanpa takut ditertawakan. Buat diri sendiri nyaman dan bicaralah dengan lantang.

2. Menonton Video Orang Lain yang Melakukan Public Speaking

Untuk cara melatih public speaking rumah juga bisa juga dilakukan dengan menonton video orang lain. Cobalah liat video mereka ketika menyampaikan materi di depan orang banyak dan mempelajari gerak-gerik, intonasi serta cara menyampaikan materi.

Anda juga bisa mengevaluasi apa yang sudah dilatih dan menambahkan satu dua hal pada penampilan. Untuk menonton video public speaker berkualitas bisa di kanal YouTube TED Talk. Banyak referensi public speaking yang bisa dipelajari dari beragam tipe pembicara di sana.

3. Berbicara di Depan Cermin

Cara berbicara yang banyak disarankan ialah bicara di depan cermin. Melalui cara ini, bisa membayangkan bagaimana sudut pandang audiens nanti. Berusahalah untuk menyesuaikan ekspresi wajah dengan intonasi saat berbicara karena hal ini akan diperhatikan oleh audiens.

Bisa juga berlatih menatap mata sendiri ketika berbicara agar terbiasa ketika berhadapan dengan audiens. Sebagai pembicara yang baik, usahakan untuk menatap mata lawan bicara. Hal ini akan menimbulkan kesan tegas dan percaya diri dari sisi pembaca.

4. Merekam Diri Sendiri Ketika Berbicara

Merekam diri sendiri saat berbicara jadi cara melatih public speaking di rumah selanjutnya. Coba tonton ulang rekaman tersebut dan evaluasi diri sendiri. Melalui rekaman tersebut, Anda bisa melihat bagaimana intonasi dan gerak-gerik saat berbicara.

Cara ini bisa dilakukan untuk melihat apakah Anda cenderung menyentuh rambut saat berbicara atau menggumam di pertengahan kalimat. Di sini, bisa juga menghitung seberapa sering Anda melakukan hal tersebut lalu coba untuk menguranginya.

5. Meminta Saran Pendapat dari Keluarga atau Teman Dekat

Jika sudah merasa cukup belajar sendiri, Anda bisa berlatih bersama keluarga atau teman. Bisa juga mempraktikan apa yang dilatih dan meminta saran dari mereka. Biasanya berbicara di depan orang yang familiar tidak akan gugup sehingga lebih nyaman.

Dengarkan masukan dari keluarga atau teman dekat untuk dijadikan sebagai evaluasi agar lebih baik lagi saat berlatih lagi nanti. Sering berlatih bisa mengurangi rasa gugup ketika berbicara di depan umum. Agar lebih lancar siapkan materi dengan matang sehingga penyampaian lebih menarik.

5 cara melatih public speaking di rumah ini bisa Anda coba terapkan sebelum berbicara di depan umum. Seringlah berlatih agar lebih siap menguasai materi dan tidak gugup saat berbicara. Ketika di depan umum yang terpenting dimulai dengan rasa percaya diri.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait