Manfaat Public Speaking dan Cara Mempelajarinya bagi Pemula

Image title
1 Desember 2021, 13:53
Public speaking
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi presentasi sebagai salah satu contoh aplikasi public speaking

Beberapa orang begitu cakap saat berbicara di depan umum dan pandai menguasai perhatian audiens. Skill alias kemampuan seperti ini biasanya sering dipakai di dunia kerja. Kemampuan tampil dengan sempurna di hadapan umum dan berbicara di hadapan orang banyak disebut dengan public speaking.

Kemampuan ini sering digunakan ketika membawa materi, menjadi moderator, menyajikan presentasi atau memimpin rapat.

Pengertian Public Speaking

Arti dari public speaking, mengutip dari Modul Public Speaking yang ditulis oleh Nieke Monika dari Universitas Nasional Jakarta, public speaking adalah kemampuan berbicara di depan banyak orang, menyampaikan pesan yang dapat dimengerti dan dipercaya oleh publik pendengarnya.

Cara komunikasi yang satu ini menuntut pelakunya untuk menyampaikan informasi secara terstruktur, mudah dipahami dan lugas.

Seorang public speaker membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi, penguasaan materi dan dapat berkomunikasi dengan baik. Oleh sebab itu, orang-orang yang menguasai skill ini umumnya dianggap ahli dalam menyampaikan informasi kepada khalayak umum.

Dalam dunia kerja, public speaking akan membuat orang terlihat lebih profesional. Hal itu tentu akan membawa dampak positif, baik dari atasan, klien maupun kolega.

Manfaat Public Speaking

Berikut beberapa manfaat yang didapatkan jika menguasai skill public speaking

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Public speaking akan membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri. Di mana, rasa percaya diri yang prima tidak hanya diperlukan untuk berbicara di depan khalayak umum. Rasa percaya diri juga sangat diperlukan ketika Anda sedang berbicara dengan satu orang saja.

Misalnya, Anda harus bertemu salah satu calon investor atau manajer yang dapat membantu usaha atau karier Anda. Saat itu, kepercayaan diri adalah hal utama dalam public speaking. Semakin sering mempelajarinya, Anda dapat memupuk rasa percaya diri.

2. Menumbuhkan Leadership

Bagi seorang manajer, salah satu tugas utamanya yakni berbicara di hadapan bawahannya, entah itu saat meeting, presentasi proyek, atau hal-hal lainnya.

Public speaking memegang peran penting untuk membantu seorang manajer dapat mengontrol dirinya dan membawakan materi atau informasi dengan jelas kepada bawahannya.

Di sisi lain, kemampuan ini juga membantu untuk mengayomi bawahanmu. Hal tersebut tentu perlahan-lahan akan menumbuhkan sifat leadership dalam diri seseorang.

3. Menyampaikan Ide atau Pendapat dengan Lancar

Mengutip Skills You Need, berbicara di depan umum adalah salah satu cara terbaik untuk menyampaikan ide atau pendapat. Sering kali kita merasa ragu atau bahkan tidak percaya diri mengemukakan sesuatu, terutama saat meeting.

Hal itu adalah salah satu hal yang harus dihindari jika ingin menapaki jenjang karier yang bagus. Melalui kemampuan public speaking, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kemampuan ini akan membantumu untuk meningkatkan rasa percaya diri, termasuk saat ingin menyampaikan ide atau pendapat.

Ketika sudah berhasil menyampaikan ide atau pendapat dengan baik, bisa jadi Anda akan dianggap sebagai orang yang berkompeten.

4. Menguasai Perhatian Audiens

Hal lain yang tak kalah penting yang juga dibutuhkan dalam public speaking adalah kemampuan berbicara atau berkomunikasi yang baik. Hal yang termasuk kemampuan berkomunikasi ini adalah cara bicara, pemilihan kata atau kalimat yang tepat, sampai menggunakan bahasa tubuh yang sesuai.

Jika berbicara dengan orang yang seperti itu, tentu kita juga akan senang mendengarkannya. Gaya bicara dan pemilihan kata yang tepat bisa membantu diri sendiri untuk maju. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...