Mengintip Gaji Personal Assistant dan Job Deskripsinya

Image title
29 Desember 2022, 20:52
Gaji Personal Assistant
Freepik
Ilustrasi, personal assistant.

Gaji personal assistant yang cukup menjanjikan, membuat profesi ini menjadi salah satu profesi yang dibidik oleh pencari kerja. Dilansir dari Kitatulus.com, kisaran gajinya ada di rentang Rp 4.700.000-7.000.000, tergantung dari pengalaman dan dengan siapa pernah bekerja.

Jika Anda mampu meningkatkan pengetahuan bisnis dan administrasi, bisa berkembang menjadi asisten eksekutif atau sekretaris perusahaan. Bagi Anda yang tertarik bekerja di bidang ini, kini sudah banyak lowongan kerja yang menawarkan profesi personal assistant.

Skill yang Diperlukan untuk Menjadi Personal Assistant

Gaji persona assistant memang cukup menggiurkan. Namun, kompensasi gaji tersebut, tentu dibarengi dengan skill atau kemampuan yang dimiliki.

Seperti diketahui, personal assistant dikenal sebagai tangan kanan atasan. Untuk bisa menduduki pekerjaan ini, dibutuhkan beberapa skill tertentu agar bisa menjalankan tugas dengan baik dan benar. Berikut beberapa skill yang harus dimiliki personal assistant:

Gaji personal assistant
Gaji personal assistant (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Kemampuan Komunikasi Verbal dan Tertulis

Kemampuan komunikasi verbal dan tertulis diperlukan agar bisa mengikuti instruksi dan menyampaikan informasi kepada yang berkepentingan secara jelas. Selain itu, Anda harus menyambut klien, membalas korespondensi dan hal lainnya sehingga dibutuhkan keterampilan komunikasi.

2. Kemampuan Organisasi dan Manajemen Waktu

Gaji personal assistant di kisaran Rp 4 juta an, seorang asisten pribadi tidak terlepas dari menjaga atasan tetap teratur dan sesuai jadwal. Skill organisasi dan manajemen waktu ini terbilang penting karena harus mengatur semua jadwal atasan secara efisien dan efektif.

3. Teliti Dalam Setiap Detail Pekerjaan

Ketelitian turut jadi komponen utama personal assistant dalam menjalankan tugas. Sebab jika ada jadwal atau pekerjaan yang terlewat tentunya akan merugikan proses kerja dan mengurangi profesionalitas atasan.

4. Bisa Menjaga Rahasia Perusahaan

Seorang asisten pribadi biasanya akan diminta untuk menyetujui non disclosure agreement. Dalam hal ini, Anda akan sering bertemu dengan dokumen sensitif, perjanjian antara atasan dan klien bisnis sehingga Anda perlu menjaga kerahasiaan perusahaan.

5. Menguasai Software Pekerjaan

Bukan hanya soft skill, Anda juga perlu memiliki hard skill untuk mengoperasikan beberapa software tertentu agar memudahkan pekerjaan. Biasanya software yang banyak digunakan di antaranya spreadsheet, kalender, database, dekstop publishing dan software pengolah presentasi.

Job desk dan Tugas Personal Assistant

Selain mengetahui gaji personal assistant, ketahui juga job deskripsi atau tugasnya. Job deskripsi dan tugas personal assistant bisa berbeda-beda bergantung atasan. Namun secara umum berikut beberapa tugas dan tanggung jawab personal assistant:

Job desk personal assistant
Job desk personal assistant (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Perantara Komunikasi Atasan

Tugas personal assistant pertama yaitu sebagai perantara komunikasi atasan dengan pihak lain. Di antaranya partner kerja sama, klien atau divisi lain di internal perusahaan. Maka dari itu menjadi perantara komunikasi yang efektif adalah salah satu tugas personal assistant.

2. Mengorganisir Dokumen

Tugas personal assistant selanjutnya yaitu mengarsipkan dan mengorganisir dokumen atasan. Biasanya berkaitan dengan dokumen perjalanan dinas yang akan dilakukan, berkas proyek atau kerja sama yang sedang dijalankan.

3. Membuat Notulen

Seorang personal assistant juga bertugas membuat notulen tentang jalannya rapat dan memberikan laporannya kepada atasan. Untuk melaksanakan tugas ini, personal assistant bisa bekerja sama dengan asisten perusahaan.

4. Mengatur Pertemuan

Tidak hanya menjadwalkan rapat dan mengundang orang untuk hadir di dalam rapat, personal assistant juga bertanggung jawab mengatur ruang pertemuan dan memastikan akomodasi rapat lengkap. Sebelum rapat dimulai, wajib untuk memastikan semua komponen sudah siap dan fasilitas aman serta nyaman.

5. Mengatur Jadwal Atasan

Tugas seorang personal assistant berhubungan dengan mengatur dan mengorganisir jadwal atasan. Jika Anda berminat menjadi asisten pribadi maka harus bisa mengatur beragam jadwal atasan. Misalnya mengatur pertemuan dan rapat penting sehingga jadwal tidak bentrok.

Gaji personal assistant berada di rentang Rp 4.700.000 – Rp 7.000.000 sehingga bisa Anda pertimbangkan apakah tertarik dengan pekerjaan ini atau tidak. Besaran gaji asisten pribadi juga bisa berbeda bergantung dengan siapa Anda bekerja dan beban yang diterima.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait