10 Pekerjaan IT Paling Favorit dengan Gaji Tinggi di Indonesia

Ada beberapa pekerjaan IT paling favorit dengan gaji tinggi di Indonesia yang dapat dipertimbangkan. Selain bidang IT, ketahui profesi favorit lainnya di sini.
Image title
29 Desember 2022, 14:54
Pekerjaan IT paling favorit
Unsplash
Ilustrasi, programmer.

Tren pekerjaan IT paling favorit banyak dicari seiring dengan transformasi digital. Terlebih jumlah tenaga kerja di bidang IT berdasarkan laporan Kemenaker tahun 2021 secara nasional baru sekitar 1 juta orang. Menurut kemenaker kebutuhan tenaga kerja di bidang IT akan semakin meningkat setiap tahunnya.

Seiring dengan upaya pemerintah untuk fokus pada transformasi digital menuju era industri 4.0 banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bidang IT. Cari tahu pekerjaan di bidang IT paling favorit dengan gaji tinggi di sini.

Rekomendasi Profesi Paling Diminati di Indonesia

Sebelum membahas seputar pekerjaan di bidang teknologi paling favorit, ketahui ada beberapa profesi yang paling banyak diminati di Indonesia dilansir dari Universitas123.com, berikut di antaranya:

Profesi paling diminati di Indonesia
Profesi paling diminati di Indonesia (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Guru

Guru merupakan salah satu profesi yang banyak diminati di Indonesia. Sebagai salah satu sektor utama kehidupan, mengajar menjadi salah satu profesi yang mulia dan berpengaruh dalam pembangunan sumber daya manusia.

2. Pegawai Bank

Pegawai bank jadi profesi yang paling banyak diminati di Indonesia. Selain itu, gaji yang ditawarkan sebagai pegawai bank cukup menarik karena tidak hanya gaji pokok, ada juga bonus dan tunjangan yang bisa didapatkan.

3. Digital Marketer

Digital marketer merupakan salah satu profesi yang berkonsentrasi di bidang pekerjaan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Keberadaan SEO dan SEM cukup dibutuhkan terutama di beberapa perusahaan besar atau perusahaan rintisan seperti startup yang semakin berkembang.

4. Profesi Bidang IT

Profesi bidang IT cukup banyak diminati oleh generasi muda karena selalu menjanjikan. Terlebih perkembangan teknologi saat ini cukup berkembang pesat. Ada banyak profesi bidang teknologi informasi seperti Software Developer, Programmer System Engineer dan beragam profesi lain.

Pekerjaan IT Paling Favorit

Berdasarkan besar gajinya, berikut pekerjaan IT paling favorit di Indonesia:

Pekerjaan IT Paling Favorit
Pekerjaan IT Paling Favorit (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. IT Maintance

Salah satu pekerjaan IT paling favorit di Indonesia yaitu IT Maintance. Untuk pekerjaan ini dibutuhkan keahlian mengenail perangkat lunak (software) dan perangkat keras (Hardware). Peran IT Maintance bertanggung jawab atas keoptimalan sistem IT di perusahaan. Untuk rentang gajinya Rp 3,5 juta – Rp 8 juta.

2. Web Developer

Hampir setiap perusahaan memiliki situs web untuk menjalankan bisnis. Dalam pembuatan dan proses pengembangannya dibutuhkan seorang Web Developer. Rentang gaji seorang Web Developer di Indonesia berkisar Rp 4 juta – Rp 14 juta per bulan.

3. Business Intelligence

Melalui kemampuan menguasai data mining, text mining dan online analytical processing, seorang Business Intelligence memiliki tanggung jawab dalam melakukan analisis dan pengolahan data hingga evaluasi. Adapun kisaran gajinya Rp 7 juta – Rp 9 juta dengan 2 tahun pengalaman.

4. Software Developer

Tugas seorang Software Developer yaitu melakukan riset, mendesain, mengimplementasikan dan menguji sistem software. Seorang Software Developer memiliki rentang gaji Rp 7 juta – Rp 20 juta dengan 3 tahun pengalaman. Adapun level senior memiliki rentang gaji Rp 20 juta – Rp 40 juta.

5. Programmer

Pekerjaan IT paling favorit di Indonesia berikutnya ada programmer. Dengan rentang gaji Rp 8 juta hingga Rp 15 juta per bulan, seorang programmer memiliki tugas utama untuk memahami beragam macam bahasa pemograman.

6. AI/ML Engineer

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) merupakan teknologi yang berperan bagi manusia dan industri untuk mempermudah suatu aktivitas. Seorang AI/ML Enginerr memiliki tugas untuk mengidentifikasi kebutuhan dan merancang suatu sistem kecerdasan buatan. Rentang gajinya Rp 8,2 juta – Rp 23,6 juta.

7. Product Marketing Specialist

Product Marketing Specialist merupakan pekerjaan IT paling favorit dan populer. Seorang Product Marketing Specialist bertanggung jawab dalam memperkenalkan produk terbaru dari perusahaan seperti aplikasi, software dan produk baru lainnya untuk meningkatkan penjualan produk. Rentang gajinya Rp 10,8 juta – 13,5 juta.

8. Product Manager

Product Manager memiliki tugas untuk mengatur strategi, mengetahui kebutuhan calon pelanggan dengan melakukan riset pasar, mengembangkan ide produk dan mempengaruhi setiap aspek terkait bagaimana produk akan diluncurkan. Rentang gajinya Rp 25 juta – Rp 45 juta dengan 5 tahun pengalaman.

9. IT Support

Salah satu pekerjaan IT paling favorit berikutnya ada IT Support. Profesi ini memiliki tanggung jawab mengawasi sistem komputer agar bisa berjalan secara optimal. Selain itu, seorang IT Support juga harus membuat laporan. Rentang gaji IT Support berkisar Rp 3,5 juta – Rp 8 juta dengan 3 tahun pengalaman kerja.

10. UI/UX Designer

Seorang User Interface (UI) Designer memiliki tugas untuk membuat produk terlihat optimal melalui tata letak, warna dan font. Sementara itu, seorang User Experience (UX) Designer memiliki tanggung jawab untuk memastikan aplikasi atau situs web mudah digunakan oleh calon pengguna. Rentang gajinya berkisar Rp 5 juta – Rp 8 juta.

10 pekerjaan IT paling favorit dan memiliki gaji tinggi ini bisa Anda pertimbangan. Terlebih bagi Anda yang masih kuliah di jurusan IT, mulai rencanakan dan siapkan skill agar bisa masuk ke salah satu profesi IT di atas.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait