Menelaah 6 Kandungan Gizi Jagung serta Manfaatnya untuk Kesehatan

Jagung merupakan bahan pangan yang mengandung berbagai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini ulasan enam kandungan gizi jagung
Image title
10 Januari 2023, 16:15
Kandungan Gizi Jagung
Unsplash
Ilustrasi, jagung.

Jagung merupakan bahan pangan yang cukup populer di Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan lezat serta mudah diperoleh dengan harga terjangkau. 

Makanan yang rasanya manis ini bisa disajikan dalam berbagai bentuk olahan, baik direbus, dibakar, atau dicampurkan dengan makanan lain untuk dijadikan lauk atau camilan. Tidak hanya mengenyangkan perut, jagung ternyata mengandung nutrisi yang cukup melimpah. sehingga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan apa saja yang terkandung dalam jagung? Berikut ini ulasan singkat mengenai kandungan gizi jagung, serta manfaat jagung bagi kesehatan selengkapnya.

Kandungan Gizi Jagung

Jagung mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini kandungan gizi yang terkandung di dalam bahan pangan ini.

Kandungan Gizi Jagung
Kandungan Gizi Jagung (Unsplash)

1. Karbohidrat

karbohidrat merupakan kandungan utama pada jagung dimana karbohidrat utamanya berupa pati dan gula. Sebagian besar gula pada bahan pangan  ini adalah sukrosa.

Meskipun mengandung banyak gula, namun jagung memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah.  Dilansir dari Verywell Fit, jagung memiliki kadar GI berkisar antara 56 hingga 69,2.

GI sendiri merupakan ukuran seberapa cepat karbohidrat dicerna dalam tubuh. Oleh karena itu, makanan yang memiliki kadar indeks glikemik yang tinggi biasanya dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak sehat.

2. Serat

Jagung kaya akan serat dimana jumlahnya setara dengan 42 hingga 64 nilai harian. Dilansir dari Healthline, serat yang dominan pada jagung adalah serat yang tidak larut, seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin

3. Lemak

Jagung merupakan bahan pangan yang rendah lemak. Kandungan lemak pada jagung  kebanyakan berasal dari lemak tak jenuh dan ganda yang baik untuk kesehatan jantung. 

4. Protein

Jagung juga kaya akan protein yang baik untuk kesehatan. Jagung mengandung protein sekitar 10 hingga 15 persen kebutuhan harian tergantung varietasnya. Protein yang paling banyak di dalam jagung adalah zeins. Walaupun melimpah, namun kualitas protein ini buruk karena kekurangan asam amino esensial

5. Vitamin dan Mineral

Jagung juga mengandung banyak vitamin dan mineral, tergantung pada varietasnya. Berikut ini beberapa unsur penting yang ada di dalam jagung secara umum

  • Mangan adalah unsur yang yang paling banyak terkandung dalam biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayur.
  • Fosfor dengan kandungan yang cukup banyak dalam jagung dan berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.
  • Magnesium adalah mineral penting yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis.
  • Seng yang cukup banyak terkandung dalam jagung.
  • Tembaga adalah antioksidan yang memiliki efek baik untuk kesehatan jantung.
  • Folat atau vitamin B9 yang penting bagi ibu hamil
  • Asam pantotenat atau vitamin B5 yang ditemukan dalam hampir semua jenis makanan.
  • Vitamin B6 yang baik untuk berbagai fungsi tubuh.
  • Niasin atau vitamin B3
  • Kalium yang berperan penting untuk mengontrol tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung

6. Senyawa Lain

Jagung juga mengandung senyawa lain yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya

  • Asam ferulic adalah salah satu antioksidan polifenol utama dalam jagung. 
  • Antosianin adalah keluarga pigmen antioksidan yang bertanggung jawab atas warna jagung. 
  • Zeaxanthin adalah salah satu karotenoid tumbuhan paling umum yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mata. 
  • Lutein adalah salah satu karotenoid utama dalam jagung yang berfungsi sebagai antioksidan, melindungi mata Anda dari kerusakan oksidatif yang dihasilkan oleh cahaya biru. 
  • Asam fitat adalah antioksidan yang dapat mempengaruhi penyerapan mineral makanan Anda, seperti seng dan zat besi.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini lima manfaat yang bisa didapatkan dari buah ini. 

Kandungan Gizi Jagung
Kandungan Gizi Jagung (Unsplash)

1. Menjaga Kesehatan Mata

Dilansir dari sebuah penelitian, jagung mengandung banyak molekul antioksidan, diantaranya adalah zeaxanthin dan lutein. Kedua molekul ini dineal baik untuk menjaga kesehatan mata.

Beberapa studi telah membuktikan bahwa rutin mengkonsumsi jagung bisa mengurangi resiko terjadinya gangguan mata karena penuaan seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Menjaga Kepadatan Tulang

Jagung kerap dikonsumsi sebagai makanan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan dalam 100 gram jagung mengandung kurang lebih 90 mg fosfor atau setara dengan 10% kebutuhan harian orang dewasa.

Fosfor merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang dan gigi. Tidak hanya fosfor, jagung juga bisa menjadi sumber kalsium bagi orag yang kesulitan mencerna susu atau mengalami intoleransi laktosa.

3. Mengendalikan Tekanan Darah

Jagung mengandung mineral kalium, magnesium ,da dan antioksidan yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi jagung secara rutin dapat mencegah penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Namun pastikan untuk tidak menambahkan garam secara berlebihan saat makan jagung. Hal ini dikarenakan konsumsi garam yang berlebihan dapat membuat tekanan darah semakin meningkat. 

4. Menangkal Radikal Bebas

Jagung mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikatakan antioksidan dapat menangkal efek radikal bebas sehingga bisa mencegah terkena penyakit dan penuaan dini. Untuk memperoleh manfaat ini, pilihlah jagung dengan kondisi baik dan cuci hingga benar-benar bersih sebelum mengolahnya.

5. Mencegah Depresi

Jagung ternyata juga bisa membantu mencegah depresi. Manfaat ini bisa diperoleh karena adanya kandungan magnesium di dalam jagung. Magnesium merupakan jenis mineral yang dapat menjaga kesehatan dan fungsi otak sekaligus menjaga suasana hati. Jika tubuh kekurangan magnesium maka bisa meningkatkan risiko terkena depresi. 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait